Scroll to Top

Intel Menyangkal Penghentian Pengembangan MeeGo

By Ivan Azzam / Published on Friday, 09 Sep 2011

Baru beberapa hari lalu berita mengenai Intel menghentikan sementara pengembangan MeeGo, dan kini nasib MeeGo sendiri menjadi terkatung-katung dan belum pasti ke depannya, sebagaimana rumor yang juga mengatakan bahwa Intel berencana mundur dari pengembangan platform tersebut. Hal ini dikarenakan proyek open source semacam ini gagal dalam mendapat dukungan industri besar dan rendahnya dukungan terhadapnya.

Namun kabar terbaru mengatakan, Intel menyangkal rumor tersebut, dan Intel masih berkomitmen penuh dalam pengembangan MeeGo dan akan terus melanjutkan pengembangan platform tersebut dan Intel mencari rekanan baru. Namun sayangnya, pernyataan komitmen Intel ini tidak berarti banyak, karena sumbangan Intel sendiri terhadap proyek MeeGo ini sedikit. Jika Intel bisa menarik rekanan baru, maka MeeGo masih bisa punya harapan.

Proyek MeeGo diluncurkan tahun lalu saat Intel dan Nokia memutuskan platform sistem operasi mobile Linux milik mereka dan menyatukannya. Mereka mengundang Linux Foundation agar bisa memberi bantuan secara netral pada proyek ini. Saat itu, proyek ini terlihat sangat menjanjikan.

Sayang, MeeGo gagal memenuhi potensi yang dimilikinya. Perkembangannya juga berjalan lambat akibat perbedaan teknis antara Nokia dan Intel. Di saat Nokia mulai serius membuat kemajuan, CEO Stephen Elop malah memutuskan agar Nokia bekerjasama dengan Microsoft, dan memasukkan platform Windows Phone 7 ke Nokia, dan mengakhiri komitmen Nokia ke pengembangan MeeGo.

Meski ada intervensi dari Novell dan Samsung, tetap saja perkembangan MeeGo terasa lambat. Apakah memang nasib MeeGo harus seperti webOS? (via Ars Technica)

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda