Scroll to Top

Yahoo! Lanjutkan Akuisisi, Bidik Hulu Rp 7,8 Triliun

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 28 May 2013

Yahoo!

Yahoo! telah tetapkan target akuisisi selanjutnya. Kini giliran Hulu yang harus bersiap. Situs layanan streaming video ini dilirik dengan nilai capai USD 800 juta atau setara dengan Rp 7,8 triliun.

Padahal belum lama akuisisi Yahoo! atas Tumblr terjadi. Kini Marissa Mayer sudah ancang-ancang libas Hulu. Jika rencana ini benar-benar goal, srikandi cantik itu telah habiskan tak kurang Rp 17,8 triliun dalam dua pekan untuk ‘belanja’.

Nah apa sejatinya Hulu? Adalah sebuh perusahaan layanan video streaming yang dimiliki oleh tiga perusahan media, Comcast, Disney, serta News Corp. Lantas, apa bedanya dengan Youtube?

Salah satu perbedaan mutlak diantaranya keduanya adalah soal tarif. Hulu sejak dulu terapkan biaya langganan. Ini berarti segala video streaming yang disajikan miliki harga.

Di server Hulu tak kurang tersedia 70.000 pelbagai judul film. Youtube pun sejatinya juga miliki layanan berbayar. Akan tetapi layanan ini hanya untuk channel tertentu. Bagimana soal pendapatan Hulu?

Fantastis. Pada tahun 2012 lalu Hulu dilaporkan berhasil menjaring laba hingga USD 695 juta dolar. Angka ini diperoleh dari iklan dan biaya langganan video pengguna. Jumlah total pengguna sendiri capai 4 juta orang.

Yahoo! sendiri beberapa waktu lalu memang sedang mengincar Daily Motion, layanan serupa dengan Youtube, namun gagal di tengah jalan. Selanjutnya, imbas dari kegagalan ini adalah akuisisi Tumblr. Lantas apa rencana Yahoo! dengan Hulu?

Bisa jadi Yahoo! akan jadikan Hulu sebagai amunisi utama mereka untuk konten video. Jika blogging mereka miliki Tumblr. Untuk konten ringkasan berita, Yahoo! miliki Summly. Bilamana setelah Hulu diakuisisi, apalagi yang bakal dibeli oleh Marissa Mayer?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda