Scroll to Top

Tips FB: Terhindar dari Ancaman Scam di Facebook

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 28 May 2013

Facebook Scam

Facebook scam jadi salah satu ancaman serius bagi pengguna jejaring sosial ini. Tak hanya menggangu namun juga miliki resiko penipuan yang cukup tinggi. Berikut tips FB untuk terhindar dari ancaman scam.

Perhatikan sumber informasi

Ini penting untuk tidak menelan mentah-mentah informasi yang diterima. Salah satu langkah sederhana adalah dengan memerhatikan sumber informasi yang menyediakan berita yang disebarkan.

Scam jika diterjemahkan secara sederhana adalah berita di internet yang berujung pada penipuan. Jika penipuan ini ringan atau tak miliki resiko buruk bagi yang menerimanya, tidak menimbulkan ancaman berarti.

Namun apabila miliki resiko tinggi, misalkan saja pengumuman lotre atau undian berhadiah, miliki imbas resiko penipuan tinggi. Dan ini dimungkinkan munculnya cyber crime yang rugikan pengguna. Cermati sumber informasi sebelum menelan info yang sedang dibaca.

Facebook hack

Di internet banyak tool yang tawarkan layanan Facebook Hack. Mulai hack sederhana misal tampilan Facebook hingga meretas akun. Hati-hati dengan layanan ini.

Facebook Hack Layout misalnya, yang tawarkan tampilan warna berbeda di situs Facebook ditengarai tersemat ancaman scam yang cukup tinggi. Layanan ini mucul via ekstensi Chrome dan add-ons Firefox.

Cermati konten video

Layanan berbagi video di internet beragam. Lewat update status video, pembaca umumnya penasaran dengan konten video yang dibagikan. Dengan diskripsi yang heboh dan menggelitik, bisa dipastikan status tersemat video banjir klik.

Pengguna harus waspada dengan konten yang dimikian. Cara yang paling mudah cermasi sumber konten video. Pastikan hanya dari sumber yang terpercaya, Youtube misalnya.

Jika tidak muncul resiko suspicious. Tak hanya scam, akun Anda turut menyebar tautan yang diklik tadi. Cara cepat atasi masalah ini dengan me-reset password dengan kata sandi baru.

Bilamana terjangkit?

Untuk mengurangi dampak yang lebih luas, delete tautan yang dicurigai scam. Ini termasuk link yang Anda sebarkan sendiri seteah terjangkit. Kemudian reset kata sandi dan peringatkan teman untuk tak menklik tautan yang diduga mengandung scam.

Untuk tahap pencegahan, cek kembali privacy setting. Pastikan Anda masuk lewat secure login di Facebook (https). Terakhir, cek active sessions untuk pastikan tidak ada pengguna lain yang sedang login di akun Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda