Scroll to Top

WordPress Berusia 10 Tahun, Jalankan 70 Juta Situs di Internet

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 28 May 2013

Wordpress

Jika ada istilah Google everywhere, filosofi ini laik pula disematkan ke WordPress. Kini usia platform blog tersebut telah menginjak 10 tahun. WordPress menjalankan tak kurang 70 juta situs di internet.

Angka tersebut berarti 18% dari total website yang ‘bergentayangan’ di dunia maya. Situs-situs populer macam CNN, The New York Times, maupun Reuters manfaatkan ‘mesin’ WordPress sebagai pijakan.

10 tahun lalu, tepatnya 27 Mei 2003, Matt Mullenweg dan Mike Little kembangkan sebuah perangkat lunak open source. Kini, WordPress yang menginduk ke Automatic jadi platform blog populer di seluruh dunia.

Namun WordPress tidak berkutat dalam persoalan penerbitan pribadi (blog) saja. Ekosistemnya lebih luas mulai soal hosting, template, plugin, dan masih banyak lagi.

Untuk merayakan 10 tahun hari jadi WordPress, komunitas WordPress lakukan acara meetup khusus di seluruh dunia. Dikutip dari Mashable, hadir pula microsite untuk mendedikasikan WordPress secara khusus.

Untuk meetup di Indonesia, dipusatkan di Pusat Kebudayaan Amerika Serikat di Jakarta. Valent Mustamin, Ketua WordCamp Indonesia berujar pada Berita Satu menyayangkan pengguna tanah air cenderung sebagai pemakai tanpa ikut mengembangkan.

Menurutnya, pengguna WordPress di India, China, dan AS, turut menyumbang ide dan kreativitas untuk pengembangan WordPress. Indonesia, kata Valent, hanya sekadar memakai. Padahal, ada 41,4 juta pengguna WordPress di dunia yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda