Scroll to Top

Microsoft: Waktu Boot-Up Windows 8 10 Detik Saja

By Ivan Azzam / Published on Friday, 09 Sep 2011

Microsoft mengklaim bahwa mereka sedang mengembangkan cara bagaimana agar bisa mengurangi waktu startup sekitar 30-70%, sehingga saat komputer dinyalakan, hanya memakan waktu 10 detik saja.

Masalah ini rupanya menjadi perhatian bagi Microsoft, kita tahu bahwa startup dari Windows cukup mengesalkan karena lama, dan perangkat lain seperti tablet, smartphone, atau MacBook Air lebih cepat dalam waktu startup. Maka dari itu, Microsoft terus berusaha untuk mencari cara bagaimana menyalakan dan mematikan komputer hampir secara instan. Gabe Aul, direktur manajemen program Windows menyatakan bahwa Windows 8 nantinya memakai daya hampir 0 saat awal mematikan, tapi mampu menyala lebih cepat dari Windows 7.

Kunci dari kecepatan Windows 8 ini adalah, sebagaimana di Windows 7, saat mematikan komputer, user/kernel session ditutup, namun daripada melakukan itu, di Windows 8, prosesnya cukup dihibernasi saja. Aul juga menambahkan, daripada memakai fitur hibernate yang biasanya memakan memory paging banyak, hibernasi proses Windows 8 ini memiliki data yang lebih kecil, sehingga waktu mematikan lebih cepat.

Microsoft mengklaim bahwa boot time dari Windows 8 antara 30-70% lebih cepat dari kebanyakan sistem yang sudah diuji. Meski Microsoft tidak mengatakan komputer jenis apa yang diuji, namun keuntungannya yang cepat dirasakan ada pada komputer dengan SSD (Solid-state drive) yang cepat. Video di blog resmi Windows 8 bisa dilihat di situs resminya atau unduh dari sini. (via Ars Technica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda