Scroll to Top

Jauhi Makanan Berlemak Agar Tidak Mengantuk di Siang Hari

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 28 May 2013

makan

Saat istirahat siang, sebaiknya kurang makanan beremak. Sebab, makanan jenis ini justruk akan membuat Anda cukup mengantuk. Efeknya sudah pasti akan mengganggu produktivitas kerja. Kalau pekerjaan menuntut  Anda harus terjaga dari pagi sampai sore, rasa kantuk di siang hari bakal menimbulkan kendala.

Studi yang dilakukan Universitas Pennsylvania di Hershey mengungkapkan, bagian otak yang menjadi lokasi kejenuhan dan rasa kantuk itu cukup dekat. Keduanya sangat mungkin saling mempengaruhi. Dan, peneliti  mencoba mencari kaitan antara peran karbohidrat, protein, dan lemak yang dikonsumsi terhadap kemunculan rasa kantuk.

Studi ini melibatkan 30 orang sehat berusia 18-65 tahun. Mereka dimina selama lima hari untuk tidur di kamar khusus yang berlokasi di sebuah laboratorium. Mereka diberikan makanan yang mengandung karbohifrat, protein, dan lemak dengan rasio porsi yang berbeda.  Peneliti melakukan pengecekan terhadap tingkat rasa kantuk memakai tes latency tidur ganda, yang biasa dipakai dalam Somnology.

Hasilnya, ketika relawan diberikan protein dalam kadar tinggi maupun rendah, mereka tidak merasa kantuk di siang hari. Dikutip dari Genius Beauty, justru zat karbohidrat dan lemak yang mempengaruhi para relawan. Bedanya, karbohidrat  dapat meningkatkan efisiensi kerja di siang hari. Sementara untuk lemak, justru membuat relawan merasa mengantuk di siang hari.

Studi ini tidak memperhitungkan jenis kelamin, usia, durasi tidur pada malam hari, dan jumlah kalori yang dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda