Scroll to Top

6 Cara Sederhana Mengatasi Migrain

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 28 May 2013

migraine

Sekalipun hanya sakit kepala sebelah, migrain sangat menyiksa bila sudah diderita. Banyak faktor yang bisa memicunya. Di antaranya adalah stres, mengonsumsi makanan tidak sehat, minum alkohol, kurang tidur, perubahan cuaca, hingga menstruasi. Sebagian orang akan mengambil obat untuk mengatasinya.

Tapi, bila Anda tidak menemukan obat dengan segera, cara sederhana yang dikutip dari Genius Beauty berikut mungkin dapat membantu mengurangi sakit migrain Anda:

  1. Konsumsi kafein dalam dosis rendah. Kafein dapat meredam rasa sakit kepala migrain dengan sedikit menyempitkan pembuluh darah. Namun, sebaiknya jangan berlebihan apalagi kecanduan. Terlalu banyak kafein yang masuk ke tubuh juga bisa memicu sakit kepala.
  2. Pijat kedua pelipis di kepala Anda. Mungkin ini bukan metode ilmiah modern, namun sebagian orang memakai reaksi alami ini untuk mengurangi rasa sakit.
  3. Menggunakan minyak gosok untuk area yang terasa sakit. Anda bisa memakai minyak ekstrak peppermint di daerah yang berhubungan dengan kepala. Seperti tengkuk atau pelipis. Rasa hangatnya bisa merangsang lancarnya sirkulasi darah dan meringankan sakit.
  4. Mengompres kepala memakai air hangat atau dingin. Ini berguna untuk melebarkan pembuluh darah dan membuat aliran darah menjadi lancar. Sementara itu, mengompres dengan kompres dingin pada tempat yang sakit, juga bisa menjadi solusi.
  5. Tinggal di kamar gelap untuk beberapa waktu. Tutup pintu, jendela, dan biarkan ruangan lebih gelap.  Cara ini diperuntukkan bagi penderita migrain yang muncul karena sensitif pada cahaya. Kamar yang gelap dapat membantu menurunkan rasa sakit di kepala.
  6. Konsumsi makanan yang asin. Sakit migrain di tahap awal bisa diringankan dengan makan yang asin. Tapi bagi penderita hipertensi sebaiknya tidak melakukan cara ini. Sebab, garam bisa memicu peningkatan tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda