Scroll to Top

Tips Memanfaatkan Labu untuk Kebaikan Kulit Wajah

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 28 May 2013

labu

Labu tidak hanya enak dipakai untuk bahan membuat makanan. Pasalnya, labu ternyata juga sangat cocok dipakai untuk perawatan kulit wajah. Labu sarat dengan vitamin, A, C, E, antioksidan, hingga mineral. Buah ini juga mengandung alpha dan beta karoten, serta asam retinoat yang dapat bertindak sebagai exfoliant.

Saat diterapkan pada wajah, labu berguna untuk mengangkat kulit mati dan membersihkannya. Labu juga berguna untuk meringankan sengatan sinar matahari. Kandungan potassiumnya merangsang pertumbuhan rambut.

Dikutip dari Boldsky, inila cara memanfaatkan labu untuk kecantikan kulit wajah:

  1. Buatlah bubur labu lalu pijatkan ke wajah secara merata selama 10 menit. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan kulit bersih dan cerah, sekaligus mengangkat kulit mati.
  2. Buat bubur labu yang ditambahkan putih telur dari sebutir telur. Masukkan pula beberapa tetes susu dan madu. Aduk rata sampai membentuk pasta. Gunakan untuk masker wajah dan leher. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Cara ini membantu kulit lebih bersinar dan bebas jerawat.
  3. Untuk merawat kulit berminyak, buat bubur labu yang ditambahkan beberapa tetes madu dan cuka sari apel. Aduk rata lalu terapkan pada wajah. Biarkan selama 20 menit dan bilas memakai air dingin.
  4. Bagi yang ingin menghilangkan jerawat, meningkatkan kecerahan kulit, dan menyamarkan bintik gelap di wajah, labu bisa dipakai bersama gula merah. Buat bubur dari sepotong labu dan setengah sendok teh gula merah, lalu usapkan di wajah selama 4-5 menit. Setelah itu biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin.
  5. Scrub labu bisa dibuat dari bubur labu, bubuk kacang almond, dan beberapa tetes madu. Gosok dan pijat wajah memakai bubur tersebut dan bilas dengan air bersih. Ini akan membersihkan sel kulit mati dan merawat kulit wajah.
  6. Kulit makin bercahaya bisa pula didapat dengan menyampurkan bubur labu bersama beberapa air lemon dan madu. Aduk rata dan oleskan pada wajah hingga leher. Biarkan selama 15 menit dan bilas memakai air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda