Scroll to Top

Penyakit yang Disebabkan Oleh Asap Rokok

By C Novita / Published on Wednesday, 29 May 2013

penyakit karena merokok

Tidak hanya perokok aktif yang dapat terserang berbagai macam penyakit serius akibat asap rokok yang ia semburkan, namun juga perokok pasif. Penyakit-penyakit tersebut tak hanya dapat menyebabkan penderitaan yang panjang, namun bahkan kematian.

Di Amerika tercatat bahwa kematian yang disebabkan oleh asap rokok lebih banyak dibanding yang disebabkan oleh alkohol, kecelakaan, bunuh diri, AIDS, pembunuhan, dan obat-obatan terlarang. Jadi, jika Anda tak ingin melihat putra-putri dan orang terkasih di sekitar Anda menderita karena asap rokok yang Anda produksi, berhentilah merokok sekarang juga.

Ini jenis penyakit yang diakibatkan asap rokok:

  • Kanker. Jenis kanker yang diakibatkan oleh asap rokok adalah kanker paru, mulut, tenggorokan, serta kerongkongan. ¬†Juga kanker kandung kemih, pankreas, leher rahim, ginjal dan esofagus.
  • Penyakit paru. Bronkitis kronis, emfisema adalah penyakit paru yang diakibatkan oleh rokok.
  • Penyakit kardiovaskuler. Asap rokok menyebabkan penyakit yang mempengaruhi jantung, pembuluh darah jantung, serta pembuluh darah tubuh lainnya. Kadar kolesterol juga meningkat, serta lemak banyak menumpuk di arteri.
  • Kesehatan reproduksi. Impoten, disfungsi ereksi, infertilitas, keguguran, lahir prematur, sindrom kematian bayi mendadak, kerap dialami bila asap rokok sering dihirup. Berat badan bayi rendah, anak menderita asma, juga disebabkan karena asap rokok.
  • Alzheimer. Merokok mempercepat penurunan mental, dan menyebabkan alzheimer.
  • Infeksi saluran pernafasan atas. Merokok mencegah bakteri dan kotoran dapat dibersihkan secara alami oleh tubuh, sehingga resiko infeksi, sinusitis, bronkitis, pneumonia menjadi lebih tinggi.
  • Penyakit jantung meningkat hingga 25-30%.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda