Hasil Pilkada Jateng 2013: Ganjar-Heru Menangi Pilgub

Hasil Pilkada Jateng 2013 Ganjar-Heru Menangi Pilgub

Pengumuman resmi dari KPU Jateng tentang pemenang pilgub Jawa Tengah memang belum tercetus. Namun, berdasarkan quick count (hitung cepat) pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko menjadi yang terdepan dalam urusan hasil Pilkada Jateng 2013. Mereka meraih kemenangan yang cukup masif yang tidak mungkin terkejar oleh dua pesaing, Bibit-Sudijono dan Hadi-Don Murdono.

Beberapa lembaga survey sudah menyebutkan kemenangan Ganjar-Heru. Semisal, LSI yang menyebutkan pasangan nomor 3 ini unggul telak dengan 49,21% suara. Mereka lebih unggul daripada incumbent Bibit Waluyo-Sudijono yang memperoleh suara sekitar 30% dan diikuti oleh Hadi-Don Murdono dengan rentang 20% suara.

Indobarometer juga menyebutkan hal serupa, bahwa Ganjar-Heru memperoleh kemenangan di atas 40%. Tepatnya, 46,88 persen. Pasangan ini mengungguli Bibit Waluyo-Sudijono yang hanya memperoleh 21,77 persen. Juga, Hadi-Don Murdono yang mendapatkan 21,35 persen.

Sementara itu, KPU Jawa Tengah juga menggelar hitung cepat berdasarkan laporan ketua KPPS se-Jawa Tengah yang dikirim melalui SMS. Keadaannya juga tidak berubah. Perbedaan hanya tipis dibandingkan hasil survey lain.

KPU yang menghentikan perhitungan pada ketika data sudah masuk 67,24% menyebutkan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko memperoleh 48,25%. Bibit Waluyo-Sudijono Sastroaymodjo memperoleh 30,59%. Dan Hadi Prabowo-Don Murdono 21,16%.

Presiden SBY sendiri sudah mengucapkan selamat atas kemenangan Ganjar Pranowo melalui akun twitternya. “Saya ucapkan selamat kepada Pak Ganjar Pranowo yang memenangkan pemilihan Gubernur Jawa Tengah. Semoga sukses dalam memimpin Jawa Tengah,” demikian ucap SBY yang kemudian dilansir ulang oleh laman resmi presiden.

Foto: Puspita Dewi (Semarang)/vivanews

Komentar Anda

Leave A Response