Scroll to Top

Phil Jones Akan Jadi Pilar Inggris di Piala Dunia 2014

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 29 May 2013

Phil Jones

Timnas Inggris akan menghadapi dua laga persahabatan dalam beberapa hari ke depan dengan lawan Republik Irlandia dan Brazil. Kesempatan ini akan dipakai oleh Roy Hodgson untuk mencari bek tangguh sepeninggal Rio Ferdinand dan John Terry yang pensiun dari timnas. Satu nama yang akan menjadi andalan Hodgson adalah bek Manchester United, Phil Jones.

The Three Lions saat ini memang minim pemain berpengalaman pasca pensiunnya Ferdinand dan Terry. Mereka hanya punya sekelompok pemain muda macam Jones dan Chris Smalling serta pemain yang tengah berada di usia emas seperti Gary Cahill, Joleon Lescott, dan Phil Jagielka.

Hodgson menyiratkan ia akan memainkan Jones sebagai pemain inti di Wembley dan Stadion Maracana nanti agar lebih siap menjadi andalan saat Piala Dunia 2014 digelar nanti.

“Ini adalah kesempatan bagi mereka dan ini penting untuk mereka. Rio dan John telah melakukan pekerjaan bagus bagi negara ini untuk waktu yang lama dan sekarang mereka telah pensiun. Sekarang terserah bagaimana reaksi para pemain pengganti,” ucap Hodgson.

“Terkadang ada pemain hebat yang tertutup oleh kehebatan pemain lain. Kita bisa lihat kasus Peter Shilton dan Ray Clemence, dua kiper hebat Inggris di masanya. Sayangnya, salah satu dari mereka harus duduk di bangku cadangan karena kami tak mungkin memainkan keduanya secara bersamaan.”

Jones saat ini telah mengoleksi lima caps bagi Inggris, satu diantaranya ia mainkan di era Hodgson. Namun dari kelimanya, hanya sekali Jones bermain sebagai bek tengah, yakni saat melawan Norwegia. Itu pun ia menggantikan posisi Smalling.

Jones memang merupakan bek tengah asli, namun pada prakteknya, ia juga sering dimainkan sebagai bek kanan atau gelandang bertahan. Itu bisa dilihat dari posisinya di Manchester United dalam beberapa kesempatan.

“Itu semua sudah jelas dan saya sering membicarakannya dengan Sir Alex Ferguson bahwa Phil terlahir sebagai seorang bek tengah. Ia berada di posisi tersebut saat masih di Blackburn Rovers. Namun Alex bisa menemukan kemampuan lain dari Phil selain sebagai bek tengah.”

“Itu tidak mengejutkan saya. Ketika ada pemain serba bisa, kamu akan memanfaatkannya dengan menempatkan ia di posisi yang sedang ditinggal banyak pemain karena cedera. Namun baik Phil atau Jones akan lebih bagus berada di bek tengah. Alex akan setuju tentang ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda