Scroll to Top

Kuku Bisa Perlihatkan Kondisi Kesehatan Anda

By C Novita / Published on Wednesday, 29 May 2013

kuku sehat

Kuku adalah bagian tubuh yang kerap terabaikan. Padahal, kondisi kuku ternyata dapat menjadi indikator dari kesehatan tubuh seseorang. Dengan memperhatikan perubahan struktur dan warna yang ada pada kuku, maka masalah kesehatan yang diderita seseorang dapat diidentifikasi.

Berikut adalah penjelasan dari kondisi kuku dan masalah kesehatan yang diderita seseorang:

  • Kuku pucat. Bila kuku Anda tampak pucat, tak ada warna merah di bawah kulitnya, maka itu bisa jadi indikasi bahwa Anda anemia atau kurang darah. Konsumsilah lebih banyak makanan bergizi seperti sayur, kacang hijau, dan daging. Kuku yang pucat juga bisa jadi pertanda Anda sedang menderita diabetes atau penyakit lever.
  • Kuku kekuningan. Bila tampak bahwa kuku kaki Anda mengalami warna kekuningan, maka bisa jadi Anda sedang mengalami infeksi jamur. Apalagi bila disertai dengan penebalan kuku.
  • Kuku menghitam. Bila kuku sebelumnya tak mengalami cedera namun tiba-tiba menghitam, maka bisa jadi Anda mengalami melanoma.
  • Kuku kasar. Bila terlihat kuku Anda tumbuh kasar dan terjadi penebalan, maka bisa jadi Anda sedang mengalami penyakit psoriasis. Penyakit ini menyerang kulit dan kuku.
  • Kuku mudah patah. Bila kuku Anda rapuh serta mudah patah, maka ada kemungkinan hormon thyroid Anda bermasalah. Segera konsultasikan hal ini ke pihak medis.
  • Kuku bergaris putih. Bila ini tampak pada kuku, bisa jadi Anda mengalami kekurangan protein serta masalah pada liver. Ada pula indikasi bahwa ginjal Anda bermasalah, atau kurang gizi. Bila itu terjadi maka perbaikilah pola makan Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda