Scroll to Top

Opera Next 15 Gunakan Mesin WebKit, Kinerja Makin Cepat

By Ditya / Published on Wednesday, 29 May 2013
Opera Next 15
Opera Next 15

Setelah sukses menawarkan browser Opera dengan mesin rendering WebKit untuk Android, kini pembesut browser asal Norwegia ini tengah menyiapkan Opera Next 15 untuk desktop menggunakan mesin rendering WebKit yang diklaim mampu menghadirkan kinerja yang lebih cepat dari browser Opera saat ini.

Seperti yang kita ketahui, Opera untuk desktop selama ini menggunakan mesin rendering miliknya sendiri yang disebut dengan Presto. Kini, perusahaan asal Norwegia ini memutuskan untuk beralih ke mesin WebKit dan Blink untuk menghasilkan kinerja browser yang cepat.

Mesin rendering WebKit sendiri adalah mesin rendering yang cukup terkenal dan digunakan pada browser modern populer saat ini, sebut saja Luna Scape, Safari, dan Google Chrome. Kini, Opera bergabung menggunakan WebKit dan meninggalkan Presto.

Opera Next 15 ini mengusung penampilan yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan browser Opera yang ada saat ini, bahkan banyak pihak yang menilai Opera Next 15 ini lebih mirip dengan Chrome besutan Google. Tim Opera telah merombak antarmuka Opera Next 15 secara signifikan.

Mengikuti jejak Chrome, Opera Next 15 ini menggabungkan address bar dan search bar untuk membuat tampilan menjadi minimalis. Tak hanya itu, fitur Speed Dial yang selama ini menjadi andalan Opera juga mendapat perubahan yang cukup signifikan dan dilengkapi dengan dua tab yang mengusung fungsi baru.

Lalu bagaimana kinerja yang ditawarkan oleh Opera Next 15 ini? Seperti yang dilansir dari VR-Zone (28/05/2013), kinerja yang ditawarkan Opera Next 15 meningkat secara dramatis jka dibandingkan dengan browser Opera 12.15 yang ada saat ini. Bahkan, kecepatan browsing Opera Next 15 ini lebih cepat ketimbang Google Chrome.

Sayangnya, sampai saat ini Opera Next 15 ini masih dalam tahap beta atau masih terus dikembangkan lebih lanjut. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Opera saat ini kabarnya dihapus dari Opera Next 15, salah satunya adalah built-in email client.

Penasaran? Silahkan unduh di tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda