Scroll to Top

STIS: Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Indonesia

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 29 May 2013

STIS Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Indonesia

STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) adalah perguruan tinggi kedinasan program D-IV yang berada di bawah naungan BPS (Badan Pusat Statistik). Didirikan sejak 1958, institusi pendidikan yang kampusnya terletak di Jakarta ini memiliki visi untuk menjadi yang terdepan di bidang statistik.

Sebelumnya STIS bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) ketika pertama kali didirikan. Ketika itu AIS mendapatkan bantuan dana dan tenaga ahli dari PBB. Perubahan kemudian terjadi pada tahun 1964 ketika BPS membentuk Perguruan Tinggi Ilmu Statistik (PTIS). Perguruan tinggi ini ditutup pada 1965. Namun, AIS tetap berjalan hingga meluncurlah Keppres No. 163 Tahun 1998 yang mengatur pendirian STIS di bawah BPS.

Pada tahun ajaran 2013/2014, ada dua jalur yang bisa ditempuh oleh seseorang yang ingin menjadi mahasiswa baru STIS. Yaitu, melalui jalur ikatan dinas, dan jalur tugas belajar instansi Non BPS.

Jalur ikatan dinas, adalah jalur seleksi untuk mereka yang berijazah SMA/MA jurusan IPA. Selesai menjalani pendidikan di STIS, mereka langsung diangkat menjdi CPNS dengan golongan III/a. Kemudian, para lulusan STIS ini akan ditempatkan di kantor-kantor unit kerja BPS yang tersebar di seluruh Indonesia. Yang lebih menjanjikan, mahasiswa tidak dikenai biaya pendidikan selama belajar di STIS.

Jalur kedua, adalah jalur tugas belajar instansi non BPS. Jalur ini diberikan kepada mereka yang berstatus sebagai pegawai tetap BUMN/BUMD, TNI/POLRI, atau PNS, dan telah menyelesaikan pendidikan SMA/MA jurusan IPA. Mereka yang melalui jalur ini adalah orang-orang yang ditugasi oleh instansi non BPS untuk mengikuti pendidikan di STIS. Berbeda dengan jalur pertama, biaya pendidikan selama berada di sekolah ini ditanggung oleh instansi yang mengirimkan mereka.

Apa harapan STIS terhadap para lulusannya? Tidak hanya melakukan pengabdian kepada masyarakat lewat bidang statistik. Diharapkan para lulusan tersebut berkualitas, unggul, dan berintegrasi. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat di tautan berikut.

Foto: rasyid13.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda