Scroll to Top

LINE Klaim Ungguli Facebook dan Twitter Soal Pengguna

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 29 May 2013

LINE

Dengan total 160 juta pengguna LINE menklaim mampu mengungguli Facebook serta Twitter. Apa yang dijadikan pijakan keunggulan ini?

Facebook sendiri butuh waktu 54 bulan dan Twitter butuh 49 bulan untuk capai angka pengguna yang sama. Demikian menurut Simeon Cho, General Manager of Global LINE Business.

Simeon menambahkan jika LINE sendiri telah diunduh 23 juta kali di Indonesia. Fungsi utama LINE bukan sekadar sebagai aplikasi pesan instan.

Messenger LINE, sebut Simeon, terintegrasi dengan pelbagai elemen interaktif. Elemen-elemen ini mulai Sticker, Home & Timeline, serta Official Account.

Dengan demikian pengguna LINE bisa lebih mengekspresikan dirinya dengan lebih luas tak hanya sekadar teks. Meski mereka jarang bersosialisasi namun tetap bisa mengekspresikan dirinya melalui sebuah karakter dari stiker.

LINE miliki sederet cara untuk sukses di Indonesia. Mereka kerap gandeng publik figur lokal sebagai duta. Sebut saja Agnes Monica dan Nidji yang ditunjuk sebagai brand ambassador.

Dalam pada itu LINE juga lakukan program kemasyarakatan bersama WWF. Dengan WWF, kata Simeon, LINE mampu kumpulkan Rp 750 juta dari penjualan stiker orangutan dalam tempo sebulan.

Namun khusus untuk wilayah Indonesia sendiri LINE masih urungkan niatnya untuk monetisasi. Dengan 23 juta unduhan, angka ini masih jauh dari total penduduk Indonesia.

Fokus LINE, jelas Simeon, ke loyalitas dulu. Sedang di luar Indonesia sendiri LINE miliki banyak pintu untuk hasilkan keuntungan. Salah satunya lewat fitur stiker yang sumbang 30% (USD 17 juta) dari total pendapatan LINE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda