Kolo Toure

Liverpool bergerak cepat untuk mendapatkan pengganti Jamie Carragher. Musim depan, mereka resmi diperkuat oleh mantan bek Arsenal dan Manchester City, Kolo Toure. Meski demikian, Kolo baru akan bergabung Liverpool pada 1 Juli nanti saat bursa transfer resmi dibuka.

Di Anfield nanti, Kolo akan diikat dengan kontrak berdurasi dua musim. Sayangnya, ia harus menerima penurunan gaji sebesar 90.000 pounds per pekan dari yang sebelumnya ia terima di City.

The Reds memang tengah dalam pencarian bek baru untuk menggantikan posisi Carra yang memutuskan pensiun akhir musim kemarin. Apalagi masa depan Martin Skrtel juga masih buram setelah ia menyatakan siap pergi dari Liverpool.

Bidikan sempat mereka arahkan pada bek muda Sporting Lisbon, Tiago Ilori. Namun akhirnya Liverpool memilih pemain berpengalaman seperti Kolo.

Pemain berusia 32 tahun yang juga kakak dari Yaya Toure itu sendiri sudah tak lagi sering bermain sebagai punggawa inti di City. Sempat berkibar saat pertama kali datang ke Stadion Etihad, Kolo lantas perlahan-lahan gagal bersaing dengan pemain lainnya.

Eks manajer Roberto Mancini kala itu lebih sering mempercayai duet Vincent Kompany dan Joleon Lescott sebelum kedatangan Matija Nastasic mengirim Lescott ke bangku cadangan dan membuat nama Kolo semakin tersingkir.