Scroll to Top

Faktor-Faktor Penyebab Lingkaran hitam Pada Mata

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 29 May 2013

lingkaran mata

Memiliki kulit sekitar mata yang gelap mungkin mengganggu penampilan. Anda tampak seperti orang yang kurang tidur. Dikutip dari Times of India, sebenarnya penyabab lingkaran hitam pada mata itu banyak. Inilah faktor-faktor yang bisa mempengaruhi:

  1. Efek penuaan. Kulit di bawah mata cukup tipis dan halus. Dan, kulit tersebut bertambah tipis saat penuaan terjadi. Ini membuat pembuluh darah lebih menonjol dan menimbulkan lingkaran hitam.
  2. Faktor genetik. Lingkaran hitam di mata juga bisa terjadi karena adanya faktor keturunan. Coba amati garis keturunan Anda ke atas. Jika ada dari mereka yang memiliki lingkaran hitam di mata, mungkin itu menurun pada Anda.
  3. Kurang gizi. Kekurangan vitamin A, C, K, E, dan nutrisi lain bisa pula menimbulkan lingkaran hitam. Oleh karena itu, konsumsi makanan sehat untuk mengatasinya.
  4. Merokok dan minum alkohol.  Kedua kebiasaan buruk ini membuat tubuh dehidrasi, termasuk pada area sekitar mata. Lingkaran hitam bisa keluar karena hal tersebut.
  5. Paparan sinar matahari. Sinar matahari dapat menganggu pigmentasi di permukaan kulit, termasuk area mata. Paparan matahari di sekitar mata dapat menarik melanin lebih banyak sehingga memunculkan tanda lingkaran hitam. Kadar melanin dalam jumlah sedang akan menimbulkan efek warna coklat. Jika jumlah melanin lebih banyak lagi bisa menimbulkan kesan biru abu-abu atau biru di kulit.
  6. Perubahan hormon. Pada wanita yang sedang menstruasi atau hamil, kemungkinan juga memiliki lingkaran hitam di mata.
  7. Alergi. Menggaruk atau menggosok mata karena gatal di kulit bawah mata juga bisa menimbulkan kulit sekitar mata gelap. Hindari penyebab alergi pada kulit Anda.
  8. Mengalami anemia atau kurang darah.  Zat besi yang rendah membuat pasokan oksigen berkurang. Ini bisa membuat  kulit sekitar mata Anda lebih hitam.
  9. Menderita penyakit hati. Lingkaran hitam pada mata juga dikaitkan dengan munculnya penyakit pada hati (liver). Jika liver bermasalah, sebaiknya segera hubungi dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda