Scroll to Top

Arsene Wenger: Saya Bisa Membuat Buku untuk (Perjalanan Arsenal) Musim Panas Kali Ini

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 10 Sep 2011

Arsène Wenger sedikit menghibur dirinya sendiri dengan berkata bahwa ia bisa membuat sebuah buku untuk menggambarkan perjalanan singkat Arsenal di awal musim ini. Bagaimana tidak? Sepanjang musim panas, Arsenal benar-benar berada dalam keadaan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Pertama, mereka kehilangan sang kapten, Cesc Fabregas, yang memutuskan untuk mudik ke Barcelona. Beberapa saat kemudian, di Emirates Stadium, Arsenal dibekap Liverpool 0-2.

Hanya dalam hitungan hari, Samir Nasri mengikuti jejak Fabregas untuk angkat kopor. Nasri membidik sejarah bersama Manchester City, klub kaya baru yang seolah menghisap semua pemain bintang untuk bermukim di Etihad Stadium.

Kegamangan Arsenal semakin bertambah ketika pemain remaja mereka tak bisa menghadapi keganasan barisan muda Manchester United. Bertanding di Old Trafford, bek Arsenal seperti diajari bermain sepakbola oleh Setan Merah dan digebuk 8-2.

Namun, sepertinya kesedihan Wenger akan terhenti di sana. Dalam waktu singkat, menjelang bursa transfer ditutup, ia bisa memboyong 5 pemain dalam waktu 48 jam. Park Chu-Yong, Mikel Arteta, Yossi Benayoun, dan Per Mertesacker jelas merupakan pemain yang dibutuhkan tim. Mereka kaya pengalaman internasional dan bisa menyuntikkan semangat untuk barisan Arsenal.

Tentang datangnya para pemain ini, Wenger berkomentar, “pemain akan sedikit khawatir tentang ambisi kami jika melihat beberapa pemain bintang pergi; bukan sebaliknya.” Samir Nasri sendiri dalam sebuah wawancara, menunjukkan ketakutan ini. Ia menyatakan, Arsenal tak cukup memiliki uang untuk membeli pemain bintang.

Namun, mengingat sekarang The Gunners dihuni pemain berpengalaman, tentu kekhawatiran di ruang ganti bisa pupus. Apalagi rata-rata usia pemain Arsenal sekarang 27 tahun. Menghadapi Swansea City, harapannya, Arsenal mampu memetik tiga poin pertama di Liga Inggris.

Sayang, kampanye Arsenal ke arah itu terganjal kehilangan pemain. Tomas Rosicky, Jack Wilshere, Abou Diaby, Ryo Miyaichi, Thomas Vermaelen, dan Sébastien Squillaci masih cedera. Sementara Alex Song, Gervinho, dan  Carl Jenkinson masih terkena larangan bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda