Scroll to Top

Windows 8.1: Seperti Apa Tombol Start yang Ditawarkan?

By Ditya / Published on Thursday, 30 May 2013
Start Windows 8.1
Tombol Start Windows 8.1

Beberapa waktu lalu memang sempat terdengar kabar bahwa update Windows Blue atau Windows 8.1 akan membawa kembali tombol Start yang hilang dan digantikan oleh Start Screen. Beberapa sumber menyebutkan bahwa tombol Start Windows 8.1 adalah palsu. Lalu apa yang ditawarkan oleh tombol Start pada Windows 8.1 sebenarnya?

Kehadiran tombol Start pada Windows 8.1 ini tentu menjadi kabar gembira bagi pengguna Windows 8 yang selama ini kesulitan karena telah terbiasa dengan adanya tombol Start di Windows 7. Namun, jangan banyak berharap pada tombol Start yang ditawarkan Windows 8.1 ini, mengapa?

Tombol Start Menu yang ditawarkan oleh Windows 8.1 ini sama sekali berbeda dengan tombol Start di Windows 7. Kabarnya, jika kita mengklik tombol Start di Windows 8.1 ini tidak akan muncul Start Menu seperti Windows 7, melainkan akan muncul menu All Apps pada Windows 8.1 yang menggunakan antarmuka Tiles atau Metro Style.

All Apps
All Apps

Banyak pengembang yang mengatakan bahwa tombol Start Windows 8.1 ini palsu karena tidak menyuguhkan Start Menu seperti pada Windows 8.1, tetapi malah menampilkan menu All Apps pada modus Metro Style. Hal ini kemungkinan akan mengecewakan pengguna yang mengharapkan tombol Start tersebut sama dengan Windows 7.

Lalu bagaimana dengan boot langsung ke Desktop? Seperti yang dilansir dari ZDnet (29/05/2013), pengguna dapat boot langsung pada modus desktop tanpa harus melalui Start Screen berbasis Metro Style seperti pada Windows 8 yang ada saat ini. Konyolnya, pengguna yang telah masuk desktop akan kembali ke Start Screen berbasis Metro Style ketika akan menjalankan sebuah program dengan melakukan klik tombol Start “palsu” tersebut.

Sayangnya, sampai saat ini pihak Microsoft masih enggan mengomentari terkait kehadiran tombol Start dan mekanisme kerjanya di Windows 8.1 atau Windows Blue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda