Scroll to Top

Gmail Rilis Desain Baru Inbox untuk Web dan Android serta iOS

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 30 May 2013

Gmail

Gmail merilis desain baru untuk tampilan inbox. Desain ini telah diterapkan untuk versi web dan aplikasi mobile di Android serta iOS. Lantas apa yang baru soal desain ini?

Lewat keterangan resmi yang dinukil di blog Gmail, Google menjelaskan jika tampilan inbox ini terkait dengan pengelolaan pesan yang masuk. Ini termasuk pengelompokan dengan cara baru.

Gmail New
Desain baru di inbox web

Gmail menyebutnya dengan nama inbox groups. Group ini kemudian tampil atau dibagi dalam beberapa tab yang berbeda. Tab tersebut yakni Social, Promotions, dan Updates.

Apakah tab ini berbeda dengan label? Sangat berbeda. Social akan mengelompokkan pesan yang masuk terkait dengan fungsinya sebagai group sosial. Misalkan saja notifikasi Google Plus.

Gmail New Android
Desain baru di inbox Android

Ini juga berlaku untuk Promotions dan Updates. Misalkan saja untuk tab Updates soal notifikasi dari Google Play. Pengguna bisa dengan mudah mengaturnya dengan drag dan drop untuk memindah pesan ke tab terpilih.

Pemutakhiran desain inbox ini juga berlaku di aplikasi mobile. Pengguna Android bisa mencobanya di versi terbaru. Unduh di sini. Untuk pengguna iPhone dan iPad bisa mengunduhnya di sini.

Gmail New iPhone
Desain baru di inbox iOS (iPhone)

Bilamana desain baru yang ada Anda tidak menghendakinya, Gmail memersilahkan untuk men-switch ke versi klasik. Atau bisa pula mengganti ke versi inbox sebelumnya. Desain baru inbox Gmail akan diterapkan secara global mulai beberapa pekan mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda