Scroll to Top

Tersingkir dari Timnas Indonesia, Irfan Bachdim Tak Putus Asa

By Aditya / Published on Thursday, 30 May 2013

Irfan Bachdim timnas indonesia 2013

Irfan Bachdim secara mengejutkan tersingkir dari Timnas Indonesia yang akan menjajal Belanda dalam laga persahabatan di Jakarta pada 7 Juni 2013 mendatang. List yang dirilis BTN tidak menyertakan nama pemain naturalisasi itu dalam skuat Timnas Indonesia kali ini. Meskipun sedih, namun Irfan Bachdim tidak putus asa dan akan berlatih lebih keras agar kembali dipanggil ke Timnas Indonesia.

“Sayang sekali, saya tidak dipanggil untuk pertandingan melawan Belanda. Sedih,” keluh Irfan Bachdim melalui akun twitter-nya.

“Saya akan berlatih lebih keras! Dan mudah-mudahan pertandingan berikutnya saya di panggil lagi,” tandas penyerang yang kini memperkuat tim Thailand, Chonburi FC, ini.

Tidak dapat turut memperkuat Timnas Indonesia melawan Belanda tentunya menimbulkan kekecewaan besar bagi Irfan Bachdim. Pasalnya, pemain berusia 24 tahun ini memiliki hubungan emosional yang cukup erat dengan Belanda.

Ya, Irfan Bachdim tentu saja pernah sangat dekat dan teramat mengenal Belanda, negeri yang menjadi tanah kelahirannya. Irfan Bachdim dilahirkan di ibukota Belanda, Amsterdam, pada 11 Agustus 1988. Ia adalah pemain berdarah campuran, ayahnya asli Malang, Indonesia, sedangkan ibunya kelahiran Belanda.

Sejak lahir hingga sebelum memutuskan ”pulang” ke Indonesia beberapa tahun silam, Irfan Bachdim tumbuh dan besar di Belanda. Karir sepakbolanya pun dimulai dari negeri kincir angin, mulai dari Ajax Amsterdam, FC Utrecht, HFC Haarlem, SV Argon, hingga hijrah ke Persema Malang pada tahun 2010 silam.

Semasa menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam pada 1998-2000, Irfan Bachdim cukup akrab dengan Ryan Babel yang kemudian menjadi salah satu bintang sepakbola Belanda bersama Ajax Amsterdam, Liverpool, dan Hoffenheim. Bahkan, Ryan Babel sudah berkiprah di tim nasional Belanda sejak jenjang U-17 hingga ke timnas senior dengan mengantongi 42 caps dan 5 gol.

Irfan Bachdim memutuskan untuk menjadi WNI karena sangat ingin membela Timnas Indonesia. Keinginan tersebut terpenuhi saat ia menjadi salah satu pilihan utama di lini depan Timnas Indonesia saat ditukangi oleh Nil Maizar.

Bersama Timnas Indonesia, saudara ipar Kim Kurniawan itu sudah mengoleksi 6 gol dari 23 penampilan di ajang resmi. Kali ini Irfan Bachdim tampaknya harus legowo dan bersabar karena tidak masuk skuat tim Garuda. Namun, peluang Irfan Bachdim untuk kembali ke Timnas Indonesia masih sangat terbuka di hari-hari ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda