Scroll to Top

Gigi Bisa Rusak Parah Akibat Minum Soda

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 30 May 2013

soda

Minuman soda membawa akibat buruk bagi kesehatan gigi. Kerusakan yang bisa ditimbulkan soda pada gigi setara dengan efek samping dari penggunaan metamfetamin atau kokain. Gigi bisa rusak amat parah jika soda menjadi menu wajib untuk dikonsumsi secara rutin. Demikian menurut studi dari Temple University School of Dentisty di Philadelphia.

Dikutip dari Health, persamaaan antara soda dengan metamfetamin dan kokain yaitu memiliki keasaman yang cukup tinggi. Sifat asam ini bisa meruntuhkan komponen gigi yang sebelumnya cukup kuat. Semakin tinggi asam dan terpapar cukup lama ke gigi, maka akan menimbulkan erosi hingga membuat kerusakan yang cukup signifikan.

Asam dalam soda terbentuk dari asam sitrat dan asam fosfat. Asam ini memerlukan perhatian saat Anda meminum soda. Disarankan, untuk membersihkan gigi dengan rutin untuk menghindari keburukan asam tersebut terhadap gigi.

Dalam studi yang dilakukan Dr Mohamed Bassiouny, profesor kedokteran gigi restoratif, ini, menemukan kaitan erat antara soda dan kerusakan gigi. Hasil studi menemukan bahwa wanita usia 30-an tahun yang rutin meminum soda diet setiap hari selama 3-5 tahun, diketahui mempunyai gigi yang membusuk dan rusak. Penampakannya bahkan menyerupai  kerusakan gigi pada pecandu metamfetamin selama 29 tahun, atau gigi pecandu yang telah mengonsumsi kokain selama 51 tahun.

“Tak satu pun dari gigi yang terkena erosi bisa diselamatkan,” kata Bassiouny.

Solusi untuk mengatasi erosi ini mungkin terdengar ekstrim. Menurut Bassiouny, orang yang terlanjur memiliki gigi yang rusak harus dicabut dan diganti dengan gigi palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda