Timnas Indonesia Suporter

PSSI telah meminta kepada Polri dan TNI untuk mempersiapkan ribuan aparat keamanan guna mengawal laga Timnas Indonesia kontra Belanda yang akan digelar di Jakarta pada 7 Juni 2013 mendatang. PSSI ingin agar pertandingan Timnas Indonesia vs Belanda dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Namun, PSSI tetap berharap agar para pendukung Timnas Indonesia bisa menjaga sikap saat menyaksikan laga nanti.

Tak tanggung-tanggung, PSSI telah merencanakan setidaknya antara 2000-3000 orang aparat yang akan mengamankan jalannya laga. Hal itu dikatakan oleh Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan Timnas Indonesia vs Belanda, Tigor Shalom Boboy. PSSI tampaknya tidak ingin main-main di perhelatan kali ini.

“Untuk segi keamanan pertandingan nanti akan kita siapkan sekitar 2.000-3.000 orang dari kepolisian dan TNI. Keamanan yang disediakan ini di luar pengamanan pribadi skuat Belanda. Kami butuh pengamanan yang ketat dan tidak ingin ambil risiko,” tandas Tigor Shalom Boboy di Jakarta belum lama ini.

Segala hal yang berkaitan langsung dengan laga Timnas Indonesia kontra Belanda, termasuk faktor keamanan, memang menjadi tanggungjawab PSSI selaku federasi sepakbola nasional. Sedangkan untuk urusan lainnya adalah wewenang pihak promotor.

“Untuk hal-hal yang berhubungan dengan pertandingan, PSSI lah yang bertanggung jawab. Sedangkan permasalahan lainnya, seperti distribusi tiket dan promo, itu semua yang mengelola pihak promotor,” ujar Tigor Shalom Boboy.

Laga Timnas Indonesia melawan Belanda memang dipastikan akan menyedot perhatian puluhan ribu penonton dari berbagai daerah yang akan berbondong-bondong ke Jakarta. Selain itu pertandingan ini juga akan disiarkan tidak hanya di dalam negeri, namun juga ditayangkan di Eropa, termasuk di Belanda,

“Pertandingan persahabatan antara Timnas Belanda kontra Timnas Indonesia akan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Kehebatan Timnas Belanda yang diakui dunia tentunya akan menjadi suguhan menarik,” jelas Managing Director RCTI, Kanti Mirdiati, selaku pemegang hak siar laga Timnas Indonesia vs Belanda.

“Satu lagi bahwa pertandingan nanti bukan hanya akan disiarkan di Indonesia, tetapi juga akan disiarkan di Belanda,” lanjutnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, yang berharap agar para suporter yang menyaksikan langsung di stadion agar bisa menjaga keamanan dan kenyamanan bersama demi kepentingan Timnas Indonesia.

“Saya mohon kepada penonton, terutama untuk pertandingan melawan Belanda nanti, mengingat pertandingan itu akan disiarkan di Belanda dan Eropa,” pinta Djohar Arifin Husin.

”Maka tunjukkanlah bahwa suporter Indonesia itu adalah suporter yang baik. Tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tempat yang aman untuk tim-tim luar bertanding di Indonesia,” lanjutnya.

Tim nasional Belanda menjanjikan akan membawa para pemain bintangnya ke Indonesia. Para pilar timnas Belanda tersebut saat ini memperkuat klub-klub besar Eropa, seperti Robin van Persie dari Manchester United (Inggris), Arjen Robben dari Bayern Munich (Jerman), Wesley Sneijder dari Galatasaray (Turki), Dirk Kuyt Fenerbahce (Turki), John Heitinga dari Everton (Inggris), Siem de Jong dari Ajax Amstedam (Belanda), dan lainnya.