arjen robben

Sergio van Dijk ternyata pernah kenal dekat dengan salah seorang bintang Belanda, Arjen Robben. Bomber Persib Bandung dan Timnas Indonesia itu menimba ilmu sepakbola bersama-sama dengan Arjen Robben selama 6 tahun saat masih di akademi Groningen. Nah, saat Timnas Indonesia bertemu dengan de Oranje, Sergio van Dijk merasa senang karena bisa reuni dengan sahabat lamanya itu. Timnas Indonesia dan Belanda akan bertarung dalam laga ujicoba pada 7 Juni 2013 di Jakarta.

”Yang saya kenal pribadi hanya Arjen Robben. Dalam laga nanti, saya senang jika dapat reuni bersama dengan mantan rekan saya itu ketika bermain di akademi Groningen. Kami sudah 6 tahun bermain bersama di Belanda,” ujar Sergio van Dijk belum lama ini.

Saat masih muda, Arjen Robben dan Sergio van Dijk memang sama-sama tercatat sebagai penghuni akademi Groningen di Belanda sejak tahun 1996. Pada tahun 2000, keduanya naik kelas dan memperkuat tim Groningen di kompetisi. Dua tahun berselang, Arjen Robben dan Sergio van Dijk pun akhirnya berpisah.

Namun, nasib keduanya berbeda. Setelah mentas dari Groningen, Sergio van Dijk ”hanya” bermain di klub-klub semenjana di Belanda, seperti Helmon Sport (2002-2005) dan Emmen (2005-2009), sebelum Sergio van Dijk hijrah ke Australia untuk bergabung dengan Brisbane Roar (2008-2010) kemudian ke Adelaide United (2010-2013) hingga kini pindah ke Persib Bandung.

Sebaliknya, Arjen Robben langsung menjadi calon bintang selepas dari Groningen. Pada tahun 2002, ia direkrut salah satu tim papan atas Belanda, PSV Eindhoven, hingga tahun 2004 di mana ia bermain sebanyak 56 kali dan mencetak 17 gol.

Setelah itu, karir Arjen Robben semakin menjulang dan memperkuat klub-klub raksasa Eropa, seperti klub kaya Inggris, Chelsea (2004-2007), kemudian ke tim langganan juara Laliga, Real Madrid (2007-2009), dan pada akhirnya hijrah ke tim paling kuat di Jerman, Bayern Munich, hingga saat ini.

Kehebatan Arjen Robben di level sepakbola Eropa dan dunia bahkan belum meredup sampai sekarang. Terakhir, belum lama ini, ia sukses mengantarkan Bayern Munich menjuarai Liga Champions.

Nah, setelah sekian lama berpisah, Sergio van Dijk akan bertemu lagi dengan karib lamanya, yakni Arjen Robben, namun keduanya membela negara yang berbeda. Sergio van Dijk memutuskan untuk menjadi WNI dan kini menjadi bomber andalan Timnas Indonesia. Sedangkan Arjen Robben masih menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan di tim nasional Belanda.