Macam Lalapan yang Menyehatkan

Menyantap menu tertentu dibarengi lalapan terasa lebih nikmat. Lalapan ibarat kerupuk yang memberikan kelengkapan bersantap. Bahkan, di Sunda, menambahkan lalapan mentah  saat makansudah biasa dilakukan.

Di balik kenikmatan lalapan, ada jenisnya yang membantu kesehatan tubuh. Kandungan dalam lalapan tersebut dipercaya memberikan efek tertentu untuk kebaikan fisik. Jenis lalapan yang dimaksud adalah:

  • Selada

Sayuran dari Asia Barat ini mengandung iodium, fosfor, besi, tembaga, kobalt, seng, kalsium, mangan, dan pottsaium. Khasiatnya dapat mengurangi risiko kanker, katarak, stroke, meringankan insomnia, dan mengurangi gangguan anemia.

  • Daun kemangi

Daun kecil yang memiliki rasa sedikit pedas ini memiliki kandungan minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, dan sulfur. Sehingga, daun berharum khas ini “kecil-kecil cabe rawit”. Bahkan, kemangi juga dipercaya mampu mengurangi bau badan.

  • Mentimun

Mentimun, atau timun, mengandung air cukup tinggi yang berfungsi diuretika atau melancarkan air seni. Bijinya bermanfaat untuk melawan cacing di usus. Selain itu, dapat melawan bakteri jahat dalam usus dan kandung kemih. Bagi penderita asam urat dan darah tinggi, buah ini cocok dikonsumsi.

 

Komentar Anda

Leave A Response