Scroll to Top

YouTube Akan Luncurkan Platform Baru Untuk Jurnalisme Investigasi

By Aisyah Indarsari / Published on Saturday, 10 Sep 2011

Tampaknya YouTube tidak hanya sekedar ingin dikenal sebagai media musik semata. Kali ini, YouTube bergerak lebih jauh dengan melebarkan sayapnya sebagai media penyampaian informasi, khususnya jurnalisme investigasi.

Jurnalisme investigasi menurut Ullman dan Honeyman adalah sebuah reportase yang menyangkut tentang hal-hal penting dari banyak orang atau organisasi yang sengaja menyembunyikannya.

Bukan hanya sebatas reportasi investigasi layaknya infotainment tentunya, YouTube menyasar pada subjek yang tentu lebih luas dan lebih menggigit untuk dikupas tuntas.

Dalam hal ini, seperti yang diberitakan ABC News, YouTube menggandeng sebuah grup non profit yang memang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang investigasi publik, dan menjual berita tersebut di sejumlah media informasi.

Adalah Center for Investigative Reporting (CIR), lembaga nir laba yang berpusat di California ini yang didapuk untuk men-support material berita untuk diolah dalam YouTube Investigative.

Catatan kerja CIR selama ini ternyata cukup signifikan. Memiliki 35 staf, termasuk jurnalis di Afganistan dan Mesir, CIR telah mengisi spot berita di beberapa media informasi terkenal di Amerika, salah satunya adalah Washington Post.

Suatu inovasi baru bagi YouTube yang selama ini hanya diidentikkan sebagai situs video hosting. Kita tunggu saja bagaimana jadinya fitur YouTube Investigative yang akan segera dirilisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda