Scroll to Top

Perbandingan Pengguna Aktif Facebook, Twitter dan LinkedIn

By Aisyah Indarsari / Published on Saturday, 10 Sep 2011

Perang statistik masih terus terjadi antar jejaring sosial yang merajai dunia sosial media. Yang terakhir Twitter mengumumkan jumlah pengguna aktif situsnya berjumlah lebih dari 100 juta dari total pengguna terdaftar sejumlah lebih dari 200 juta.

Secara kasat mata kita sudah dapat menilai perkembangan Twitter jika dibandingkan dengan Facebook yang memiliki anggota aktif terbanyak diantara semua jejaring sosial yang ada di dunia, yaitu sebesar 750 juta.

Saingan yang cukup perlu diperhitungkan juga adalah LinkedIn. Dari data yang diperoleh pada bulan Agustus 2011, jumlah anggota terdaftarnya tercatat sebanyak 116 juta.

Dan dengan pertumbuhan sebanyak 1 juta pengguna terdaftar tiap minggunya, seperti yang dilaporkan, maka dapat diperkirakan saat ini kurang lebih terdapat 120 juta pengguna terdaftar LinkedIn (sayangnya mereka tidak melaporkan jumlah pengguna aktifnya).

Secara gamblang, berikut adalah grafik yang dirilis oleh AllTwitter, yang membandingkan pengguna aktif Facebook, Twitter dan LinkedIn:

 

AllTwitter juga melakukan sedikit penelitian tentang perkiraan jumlah pengguna terdaftar diantara jejaring sosial ini. Menurut perhitungan yang dilakukannya, mereka meramalkan jumlah pengguna terdaftar Twitter hingga saat ini telah mencapai angka sekitar 254 juta.

Dan dengan demikian, jumlah pengguna aktif situsnya adalah sebanyak 40% (persentase yang cukup besar jika dibandingkan dengan pengguna aktif Google+ yang jumlahnya hanya sebesar 17%).

Jika diasumsikan bahwa persentase pengguna aktif tiap jejaring sosial adalah juga sama dengan 40%, bisa diperkirakan secara kasar, bahwa pengguna terdaftar Facebook hingga saat ini bisa mencapai jumlah 1.875 juta (baca: hampir 2 milyar!).

Agar lebih jelasnya, berikut grafik yang mereka sajikan:

 

Seperti yang bisa diperkirakan, cukup jauh posisi Facebook untuk dapat terkejar Twitter maupun LinkedIn. Apakah Facebook akan mengalami masa jaya untuk selama-lamanya? Anda yang tentukan!

One thought on “Perbandingan Pengguna Aktif Facebook, Twitter dan LinkedIn”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda