Scroll to Top

5 Alasan Memilih Akupuntur untuk Pengobatan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 31 May 2013

akupuntur

Akupuntur adalah salah satu teknik pengobatan kuno yang sudah diakui khasiatnya. Banyak pasien yang sembuh dari penyakitnya dengan tusukan jarum akupuntur. Sehingga, akupuntur adalah teknik pengobatan yang direkomendasikan baik untuk mengiringi pengobatan konvensional, atau berdiri sendiri sebagai media penyembuhan.

Dikutip dari MindBodyGreen, setidaknya ada lima alasan memiliki akupuntur sebagai sarana untuk berobat:

  1. Setiap pasien mendapat penanganan tersendiri sesuai dengan keluhan yang dialami. Penanganan ini tidak sama antara satu pasien dengan lainnya. Seorang akupunturis dilatih untuk mendiagnosa seluruh keluhan yang dialami, dan bukan hanya melulu soal penyakit. Mereka mengambil analisa detil dari kualitas kulit Anda, suara, mata, dan sebagainya. Mereka juga memahami hubungan antara bagian tubuh seperti otot, tulang, organ, darah, fasia, cairan tubuh, hingga ke titik meridian dan qi.  Akupunturis akan berusaha mengoptimalkan tubuh untuk melakukan penyembuhan sendiri terhadap keluhan yang dihadapi pasien.
  2. Sakitnya jarum tidak ada artinya bila dibandingkan saat penyakit menjadi parah. Anda tidak perlu fobia dengan jarum akupuntur. Sakitnya hanya sesaat saat ditusukkan dan ukuran jarum sangat tipis.
  3. Memiliki efek  samping yang menyenangkan. Selain tubuh Anda dirangsang untuk menyembuhkan bagian tubuh yang sakit, akupuntur biasanya menyisakan efek samping yang cukup indah. Misalnya, Anda akan mengalami pengurangan rasa nyeri di bahu dan leher, pengurangan tingkat stres, kualitas tidur yang membaik, sistem pencernaan menjadi lancar, dan mood menjadi  lebih baik.
  4. Akupuntur mengatasi penyakit sampai ke akarnya. Pengobatan menggunakan akupuntur tidak berfokus pada kondisi yang dirasakan pasien saat itu saja. Namun, akupunturis akan mencari akar penyebab penyakit sehingga pengobatan lebih tuntas dan tidak kembali kambuh.
  5. Cara kerja akupuntur dalam mengobati cukup ilmiah. Pada beberapa penelitian menunjukkan, akupuntur memengaruhi fasia, jaringan ikat yang mengelilingi semua otot dan organ tubuh manusia.Beberapa titik akupuntur bahkan dapat merangsang sistem limbik dan sistem saraf otonom.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda