Scroll to Top

PSSI Pilih Yogyakarta untuk Pelatnas Timnas Indonesia U-23

By Aditya / Published on Saturday, 01 Jun 2013

timnas indonesia latihan rahmad darmawan

PSSI dan BTN akhirnya memilih Yogyakarta sebagai lokasi pelatnas Timnas Indonesia U-23. Sebelumnya santer beredar kabar bahwa Timnas Indonesia U-23 akan menjalani pelatnas di Malang. Namun, menurut asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso, proses seleksi tim Garuda Muda akan digelar kota pelajar Yogyakarta.

Aji Santoso menjelaskan bahwa pelatnas Timnas Indonesia U-23 di Yogyakarta akan digelar pada awal Juni 2013 mendatang. Pelatnas ini merupakan seleksi tahap pertama yang akan diikuti oleh lebih dari 30 pemain.

“Tanggal 4-11 Juni 2013 kami akan pelatnas di Yogyakarta. Ada 30-35 pemain yang akan mengikuti pelatnas tersebut,” kata Aji Santoso di Jakarta belum lama ini.

Mengapa PSSI dan BTN memilih Yogyakarta sebagai lokasi pelatnas Timnas Indonesia U-23? Alasannya adalah karena fasilitas yang terdapat di kota gudeg itu sangat mendukung, seperti lapangan dan stadion latihan yang berkualitas, fasilitas penginapan atau hotel yang tidak jauh dari lokasi latihan, juga suasana nyaman dan kondusif.

“Pemilihan Yogyakarta sebagai tempat seleksi dan TC karena faktor lapangan yang bagus, jarak hotel dari tempat latihan dekat, suasana yang kondusif dan strategis,” ujar Ketua BTN sekaligus Wakil Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti.

Sementara itu, pelatih kepala Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan (RD), mengatakan bahwa sebenarnya sudah ada 76 pemain yang akan mengikuti proses seleksi tim Garuda Muda. Namun, untuk seleksi tahap pertama ini, RD akan menyertakan 32 pemain terlebih dulu yang berasal dari semua kompetisi.

“Total sebenarnya ada 67 pemain yang saya panggil untuk mengikuti 4 tahap seleksi dan TC. Khusus di seleksi tahap pertama Juni ini saya panggil 32 pemain. Selanjutnya 3 tahap TC selanjutnya mulai bulan Juli,” terang RD.

“Susunan pemain yang saya panggil selain dari kompetisi Indonesia Super League (ISL), Indonesia Premier League (IPL) juga ada dari Divisi Utama maupun yang bermain di luar negeri,” lanjutnya.

Timnas Indonesia U-23 memang sedang dipersiapkan untuk turun ke ajang SEA Games 2013 di Myanmar pada September 2013 mendatang. Sebelum menentukan tim inti, para calon pemain Timnas Indonesia U-23 akan menjalani pelatnas dan seleksi, serta berujicoba dengan tim atau negara lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda