Scroll to Top

Multiply Sarankan Pengguna Beralih ke TokoBagus

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 01 Jun 2013

Multiply

Kemarin atau tepatnya Jumat (31/05/13) Multiply resmi menutup layanannya. Tak hanya sekadar tutup, situs social ecommerce ini juga hentikan praktik usaha. Pengguna disarankan untuk beralih ke TokoBagus dan Sulit.com.ph.

Berita penutupan Multiply telah berhembus jauh-jauh hari sebelumnya. Kala itu situs social ecommerce ini sudah mewanti-wanti penggunanya untuk migrasi. Kini, setelah resmi ditutup Multiply menyarankan dua situs pilihan.

TokoBagus adalah situs jual beli online nomor satu di Indonesia. Situs ini ternyata miliki investor yang sama dengan Multiply dan Sulit.com.ph. Itulah mengapa mungkin Multiply menyarankan situs ini.

Adalah Myriad International Holding (MIH)/Naspers sosok investor tersebut. Sedangkan Sulit.com.ph adalah situs ecommerce pula namun berasal dari Filipina. Kedua situs yang disarankan sama-sama miliki layanan iklan baris.

26 April 2013 lalu melalui pelbagai pertimbangan akhirnya Multiply dipaksa untuk dihentikan. Situs ini diperkirakan tak mampu mencapai posisi terdepan di industri ecommerce. Memang sebuah keputusan sulit tapi tetap harus dilakoni.

Salah satu kekhawatiran yang muncul setelah penutupan Multiply yakni pengaruhnya terhadap industri ecommerce tanah air. Namun hal tersebut menurut analis tidak begitu memengaruhi.

Andi S Boediman, pemerhati bisnis internet sekaligus direktur perusahaan pemodal ventura Ideosource berpendapat jika penutupan Multiply akan berikan dampak positif. Di sisi industri, kata dia, penutupan Multiply akan membuat SDM berkualitas tersebar ke seluruh jaringan ecommerce.

Dengan menyebarnya mereka akan berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk lebih mematangkan sektor industri ini. Dalam pada itu pula, pelaku bisnis internet yang miliki cukup pengalaman diharapkan bisa membangun industri serupa baru secara mandiri. Demikain tulis Kompas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda