Scroll to Top

Resep Bakso Daging Sapi Urat

By C Novita / Published on Saturday, 01 Jun 2013

resep bakso

Bakso adalah makanan kegemaran hampir semua kalangan, mulai dari pria atau wanita, tua muda, besar kecil, bahkan yang sehat dan yang sakit. Semua menggemari makanan yang kini telah menjadi makanan khas Indonesia ini.

Jika Anda gemar memasak dan ingin membuat sendiri bakso daging sapi kesukaan Anda tersebut, maka berikut adalah resep bakso daging sapi urat ala Sidomi:

  • Bahan:

– 300 gr daging sapi yang berurat / sengkel. Pilih yang masih segar, agar menghasilkan aroma yang lezat dan tekstur kenyal.

– 2-3 sdm tepung kanji

– 1 butir putih telur

– 3 butir bawang putih dicincang halus

– Merica secukupnya, garam, dan penyedap masakan bila ingin.

– Es 2 butir / cube

  • Cara membuat:

– Haluskan daging dan garam, berikut bongkahan es cube. Bisa dicincang atau digiling, atau menggunakan food processor.

– Tambahkan bawang putih cincang, lalu uleni hingga tercampur rata sekitar 10-15 menit.

– Tambahkan tepung kanji dan putih telur, kemudian uleni lagi.

– Siapkan air mendidih dalam sebuah panci (angkat dari atas api), lalu bentuk adonan daging bulat-bulat, dan masukkan dalam air panas tersebut satu persatu.

– Bila semua butiran bakso telah selesai dicetak, naikkan lagi panci ke atas api dan rebus hingga bakso terapung. Bila sudah, maka matikan api dan tiriskan bakso ke wadah lain agar airnya kering.

Hidangkan dengan saos dan sambal. Bila Anda ingin membuat kuahnya, maka rebus tulang sapi dan beri bumbu berupa garam, merica, dan bawang putih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda