Scroll to Top

Neymar-Barcelona: Bakal Cocok Atau Gagal Total?

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 02 Jun 2013

Neymar-Barcelona Bakal Cocok Atau Gagal Total

Neymar yang ditransfer Barcelona dari Santos dengan harga 55 juta Euro akan diperkenalkan ke publik pada Senin, 3 Juni 2013 mendatang. Pertanyaannya, bisakah Neymar beradaptasi dengan Lionel Messi dan Barca? Ataukah harga transfer yang demikian besar, tidak sepadan dengan kemampuan bintang Brazil sesungguhnya?

Jika hanya melihat satu sisi: kepribadian, Neymar bukanlah seorang yang benar-benar ideal untuk Barcelona. Hidupnya, seperti dikutip oleh elEconomista, penuh dengan skandal. Pemain berusia 21 tahun ini religius, pada hal-hal yang ‘menguntungkannya saja’.

Neymar termasuk tipe playboy yang telah mengencani sekian banyak perempuan di Brazil sebelum jatuh ke pelukan Bruna Markezine. ‘Cinta satu malamnya’ dengan wanita yang dirahasiakan identitasnya, berbuah seorang anak yang kini berusia dua tahun.

Masalah uang, Neymar relatif sangat boros. Ia menghabiskan 1,4 juta Euro untuk mansion, 100 ribu Euro untuk sebuah apartemen di Sao Paulo, 300 ribu Euro lagi untuk sebuah Posche, dan hampir 5,5 juta Euro demi yacht yang biaya perawatannya 90 ribu Euro pertahun. Dengan gaji 10 juta Euro pertahun di Barca —akan melesat ke angka 15 juta Euro ditambah iklan— Neymar seolah mendapat ‘lampu hijau’ untuk berfoya-foya.

Masalah perilaku mungkin bisa dikesampingkan. Pertanyaannya, yang lebih utama, mampukah Neymar beradaptasi dengan Barcelona? Inilah yang menjadi perdebatan banyak orang. Mereka yang sinis, menganggap Barca terlalu gegabah menyediakan uang terlalu banyak untuk Neymar.

Bertahun lalu ada seorang Robinho yang dianggap cemerlang. Namun, kariernya di Real Madrid dan Manchester City mentok. Kekhawatiran serupa juga bergelayut seputar Neymar. Ada yang berpendapat, fisiknya terlalu ringkih untuk bermain di Eropa. Apakah media Brazil tidak sedang mencari pesaing untuk disejajarkan dengan Lionel Messi sehingga memblow-up Neymar sedemikian rupa?

Waktulah yang akan menjawab, apakah bintang Brazil ini akan gemilang atau lenyap di klub Catalan. Yang jelas, seorang pemuda yang mencetak 20 gol hanya dalam 32 penampilan untuk Brazil jelas bukan pemuda biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda