Scroll to Top

Google Glass Dipastikan Tak Bakal Hadirkan Fitur Pengenalan Wajah

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 02 Jun 2013

Google Glass

Dipastikan Google Glass tak akan suntikkan fitur pengenalan wajah atau facial recognition. Dalam sebuah posting di Google Plus kemarin, Sabtu (01/06/13), Project Glass umumkan kabar ini.

Project Glass berikan alasan jika fitur ini urung ditambahkan untuk lebih lindungi privasi pengguna. Google Glass sendiri memang sangat riskan untuk urusan privasi yang hingga hari ini terus mendapat desakan.

“Kami tidak akan menambahkan fitur pengenalan wajah untuk perlindungan privasi,” tulis Project Glass di laman Google Plus.

Pada akhir Mei lalu beberapa anggota konggres Amerika Serikat mengirim surat ke Larry Page menanyakan masalah privasi pengguna Google Glass. Anggota konggres perlu mengonfirmasi secara langsung soal kinerja kacamata pintar tersebut.

“Kami penasaran apakah teknologi baru ini bisa melanggar privasi rata-rata warga Amerika atau tidak,” potongan isi surat tersebut.

Google sendiri tak tinggal diam. Mereka bergerak cepat dengan tak hadirkan fitur facial recognition sebelum isu privasi ini terselesaikan. Fitur Glassware pun urung ditambahkan.

“Kami tidak akan menyetujui setiap Glassware pengenalan wajah pada saat ini ada di Google Glass,” tulis pernyataan Project Glass.

Gencarnya isu privasi bukannya tanpa sebab. Google Glass dua kali pernah dicekal karena alasan ini; di sebuah café di Seattle dan Las Vegas. Otoritas terkait memersalahkan soal fitur kamera.

Namun fitur ini justru dilirik industri pornografi. Sebuah ironi yang memungkinkan kacamata pintar Google menggenjot lebih produktif industri esek-sek.

Privasi ini pula yang membuat pengguna dari kalangan developer enggan gunakan kacamata cerdas Google dalam situasi tertentu. Mereka tak ingin dituding sebagai mata-mata atau diduga lakukan tindakan spying.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda