Scroll to Top

Timnas Indonesia Disarankan Rekrut Pelatih Asal Belanda

By Aditya / Published on Sunday, 02 Jun 2013

timnas indonesia skuat arab saudi 2013

Laga Timnas Indonesia melawan Belanda yang akan digelar di Jakarta pada 7 Juni 2013 nanti mendapat sorotan dari Slave Radovski. Menurut eks pelatih Persema Malang itu, pertandingan ujicoba antara Timnas Indonesia vs Belanda tidak akan menghasilkan banyak manfaat. Slave Radovski meyakini ada cara yang lebih efektif untuk memajukan Timnas Indonesia, ia menyarankan agar Timnas Indonesia merekrut pelatih asal Belanda.

Slave Radovski menilai, berhadapan dengan tim sebesar apapun jika hanya dalam satu pertandingan tidak akan berarti apa-apa bagi Timnas Indonesia. Apabila ingin seperti tim nasional Belanda, misalnya, menurut Slave Radovski, Timnas Indonesia setidaknya membutuhkan waktu paling sedikit 20 tahun.

“Tidak banyak yang bisa dipelajari selama 90 menit pertandingan berlangsung,” ujar Slave Radovski belum lama ini.

Bagi Slave Radovski, tidak ada yang instan dalam sepakbola. Jika ingin menjadi tim yang berkualitas, maka proses yang harus dijalani pun memerlukan keseriusan dan dalam tempo yang tidak sebentar. Slave Radovski mencontohkan apa yang telah dilakukan oleh Jepang dan Korea Selatan hingga mencapai level yang sekarang ini.

“Kalau serius ingin bermain sepakbola dengan baik seperti Belanda, kita perlu waktu lebih lama. Mungkin sekitar 20 tahun, seperti Jepang dan Korea Selatan,” kata pelatih asal Macedonia ini.

Sekali lagi Slave Radovski menandaskan, laga persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Belanda tidak akan menghasilkan manfaat banyak bagi sepakbola nasional. Namun, ada cara yang lebih efektif untuk memajukan sepakbola Indonesia, yakni merekrut pelatih asal Belanda untuk menukangi Timnas Indonesia.

“Cara ini jauh lebih efektif untuk meningkatkan level sepakbola Indonesia. Kepelatihan merupakan kunci dari sepakbola. Jika ingin perbaiki sepakbola, perbaiki kualitas kepelatihan,” saran pelatih berlisensi A dari UEFA ini.

Dalam perjalanan sejarahnya, Timnas Indonesia sebenarnya pernah ditukangi oleh beberapa pelatih asal Belanda, antara lain: Johannes Christoffel van Mastenbroek (1938), Wiel Coerver (1975-1976), Frans van Balkom (1978-1979), Henk Wullems (1996-1997), dan terakhir Wim Rijsbergen (2011-2012).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda