Scroll to Top

AVG Anti Virus Ditarik Dari Windows Phone Marketplace

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 10 Sep 2011

Awal minggu ini, sesuatu yang mengejutkan terjadi di Windows Phone Marketplace, apakah itu? Jawabannya adalah perilisan AVG Mobilation, aplikasi anti virus untuk Windows Phone. Lalu apa yang mengejutkan? Setidaknya ada dua alasan utama mengapa disebut begitu, pertama, Windows Phone tidak punya virus untuk di-scan. Kedua, aplikasi Windows Phone terkunci. Maksudnya adalah, anti virus/aplikasi lainnya tidak memiliki akses ke system file atau ke aplikasi lainnya. Ini artinya, jika virus dikembangkan untuk platform Windows Phone, virus scanner juga tidak bisa mendeteksi apalagi menghapusnya.

Meski begitu, Windows Phone masih bisa memberi akses pada aplikasi pihak ketiga pada foto atau musik yang tersimpan di perangkatnya, dan inilah yang diperiksa oleh AVG Mobilation.

Namun analis Rafael Rivera mengatakan, AVG Mobilation hanya memeriksa nama dari file yang di-scan, dan jika terlihat mencurigakan, hanya akan ditandai saja.

Entah terlihat berguna atau tidak, mantan pegawai Microsoft sendiri, Justin Angel mendekompilasi programnya dan menemukan bahwa aplikasi tersebut mengkoleksi informasi seperti, ID unik telepon tersebut, operator jaringan, alamat e-mail pemilik perangkat tersebut, dan lalu mengirim semuanya ke server AVG.

Maka dari itu, Windows menarik peredaran aplikasi AVG ini dari Windows Phone Marketplace. AVG sendiri mengatakan bahwa pengkoleksian data itu adalah untuk agar AVG bisa melacak apabila pengguna kehilangan telponnya, namun Windows Phone sendiri sudah memiliki fitur ini secara bawaan. Microsoft menambahkan bahwa aplikasi AVG ini akan diperiksa lebih lanjut untuk memastikan agar sejalan dengan kebijakannya. (via Ars Technica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda