Scroll to Top

Akun Twitter NBC News Di Hack, Serangan Ground Zero 9/11 Ternyata Hoax

By Aisyah Indarsari / Published on Saturday, 10 Sep 2011

Inilah jadinya jika sebuah akun Twitter media berita terkenal dunia di hack sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab.

Kegemparan masal hampir pasti akan terjadi, mengingat tweet yang disampaikan tidak main-main, seakan mengulang kembali tragedi 11 September (9/11) 2001 yang lalu.

Seperti yang diberitakan Sophos, akun Twitter media terkenal Amerika – NBC News – di hack sebuah grup yang mengatasnamakan dirinya Script Kiddies.

Tweet yang seakan-akan merupakan breaking news media ini menyampaikan bahwa sedang terjadi pembajakan pesawat dengan nomor penerbangan Flight 4782, dan dikabarkan akan ditabrakkan di Ground Zero 9/11, tempat terjadinya tragedi 9/11 sepuluh tahun lalu.

Untuk meng-counter kepanikan masal yang mungkin akan terjadi akibat insiden ini, Digital Officer NBC News yang bernama Vivian Schiller memberikan konfirmasi bahwa akun tersebut memang benar telah di hack.

Dan sebagai langkah pencegahan kepanikan yang lebih besar lagi, Twitter telah menangguhkan akun NBC News untuk waktu yang belum bisa ditentukan.

Hampir serupa dengan Script Kiddies, Anonymous pun mengklaim telah meluncurkan tool yang juga ditujukan untuk meng-hack trending topic Twitter. Akan tetapi hal tersebut tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan kelakuan hacker ini, karena dirasa tidak akan menimbulkan kerugian berarti.

Script Kiddies memang sebelumnya memiliki sejarah buruk dengan meng-hack halaman Facebook perusahaan farmasi terkemuka, Pfizer.

Dan dengan kejadian kali ini, dirasa dapat meresahkan pengguna akun Twitter lain yang mungkin kebetulan merupakan public figure seperti artis maupun pemilik bisnis. Karena dengan mudahnya sekelompok hacker meng-hack akun NBC News, bukan tidak mungkin mereka juga akan terkena gilirannya.

Bagi Andapun, walaupun bukan pemilik bisnis maupun public figure, menjaga keamanan privacy akun sosial media juga merupakan hal yang penting. Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada Anda, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda