Scroll to Top

Brazil vs Inggris 2-2: Hasil Pertandingan Persahabatan

By Wan Faizal / Published on Monday, 03 Jun 2013

Felipe-Walcott

Dua gol Fred dan Paulinho dari Brazil dibalas dua pula oleh Alex Oxlade-Chamberlain dan Wayne Rooney dalam pertandingan persahabatan antara Brazil vs Inggris di Stadion Maracana, Senin (3/6/2013) dini hari WIB, yang berakhir imbang dengan skor 2-2. Hasil ini tentu saja gagal membuat Brazil membalas kekalahan 2-1 yang mereka derita atas lawan yang sama di Wembley, Februari silam.

Tuan rumah Brazil begitu perkasa di awal pertandingan. Beberapa kali aksi Neymar, Hulk, Fred, dan Oscar cukup merepotkan lini pertahanan Inggris. Joe Hart menjadi pemain Inggris yang paling sibuk pada periode ini.

Hart-Neymar

Neymar mendapat dua kesempatan melalui tendangan bebas. Satu masih bisa ditangkap Hart dan satu lagi masih tidak jelas arahnya. Sementara Inggris hanya bisa melakukan serangan balik lewat kecepatan Theo Walcott.

Memasuki menit 17, Hart kembali dipaksa bekerja keras untuk menghadang bola sepakan Daniel Alves dan juga Neymar. Dua menit kemudian, giliran Thiago Silva yang membuat Hart jatuh bangun.

Sepuluh menit kemudian, lagi-lagi Brazil menemui karang besar bernama Joe Hart. Kiper milik Manchester City itu menjatuhkan tubuhnya untuk menghadang usaha Hulk dan Felipe.

Felipe-Hart

Menit 36, fans Brazil menganggap timnya layak mendapat tendangan penalti setelah Frank Lampard menjegal Oscar di kotak terlarang. Wasit tak bergeming dan rekaman ulang memang menunjukkan bahwa tekel dari Lampard dilakukan di luar area kotak penalti.

Inggris baru mendapat satu peluang bagus enam menit jelang turun minum. Adalah Walcott yang melepaskan satu tembakan bagus yang bisa dihalau Julio Cesar.

Perubahan strategi dilakukan Luiz Felipe Scolari di awal babak kedua. Marcelo dan Hernanes ia masukkan untuk mengisi peran dari Felipe dan Luiz Gustavo.

Hart-Fred

Hasilnya memuaskan. Sebuah sepakan melengkung dari Hernanes masih menerpa mistar gawang Hart. Bola muntah kemudian disambar Fred untuk membawa Brazil unggul di menit 57.

Tertinggal satu gol memaksa Roy Hodgson memasukkan Chamberlain untuk menggantikan Glen Johnson. Phil Jones yang semula bermain sebagai gelandang, bergeser ke posisi bek kanan yang sebelumnya ditempati Johnson. Dengan ini pula, Chambo mengikuti jejak sang ayah, Mark Chamberlain, yang juga pernah membela Inggris bermain di Stadion Maracana.

Chambo-Brazil

Masuknya seorang Alex Oxlade-Chamberlain terbukti pilihan yang tepat. Baru enam menit berada di lapangan, gelandang Arsenal itu sukses menyamakan skor. Berawal dari kerjasama Lampard dan Wayne Rooney, Chambo langsung mencocor bola yang dipantulkan Rooney di depannya. Julio Cesar tak kuasa meraih bola hasil tembakan Chambo. 1-1!

Pertandingan berjalan semakin seru. Inggris justru bisa memimpin kala pertandingan memasuki menit 79. Serangan balik yang digalang James Milner berbuah manis setelah Wayne Rooney melepaskan tembakan melengkung ke tiang jauh yang hanya bisa dilihat saja oleh Cesar. Inggris memimpin 1-2.

Rooney-Brazil

Brazil tak menyerah. Tiga menit setelah gol Rooney, mereka sukses menyamakan skor lewat gol yang tak kalah indah lewat kaki Paulinho. Berawal dari sebuah umpan silang dari sisi kanan, Paulinho langsung melesatkan bola dengan tembakan volley yang hanya membuat Hart terdiam.

Paulinho-Brazil

Tak ada gol lagi yang tercipta. Inggris sempat mendapat satu peluang emas di menit akhir namun gagal dimanfaatkan oleh Jack Rodwell.

Data Pertandingan:

Brazil 2-2 Inggris (Fred 57’, Paulinho 82’ / Chamberlain 67’, Rooney 79’)

Brazil

England

No.

Player

YC

RC

No.

Player

YC

RC

12. Julio Cesar 1. Joe Hart
2. Dani Alves 2. Glen Johnson (61′)
4. David Luiz 5. Gary Cahill
4. Thiago Silva 6. Phil Jagielka
14. Luis Filipe (46′) 3. Leighton Baines (31′)
17. Luiz Gustavo (46′) 7. Phil Jones 76′
18. Paulinho (83′) 4. Michael Carrick
11. Oscar (56′) 8. Frank Lampard
10. Neymar 11. James Milner
19. Hulk (72′) 63′ 9. Theo Walcott (83′)
9. Fred (80′) 10. Wayne Rooney

Substitutes

Substitutes

22. Diego 13. Ben Foster
1. Jefferson 18. Alex McCarthy
15. Dante 14. Joleon Lescott
16. Rever 12. Ashley Cole (31′)
6. Marcelo (46′) 15. Jack Rodwell (83′)
5. Fernando (72′) 16. Alex Oxlade-Chamberlain (61′)
8. Hernanes (46′) 17. Jermain Defoe
13. Jean
20. Bernard (83′)
7. Lucas Moura (56′)
23. Jadson
21. Leandro Damiao (80′)

Manager

Manager

Luiz Felipe Scolari Roy Hodgson
Referee
Wilmar Roldan

Johnson-Neymar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda