Scroll to Top

Amerika Serikat vs Jerman 4-3: Hasil Laga Uji Coba Internasional

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 03 Jun 2013

Amerika Serikat vs Jerman

Hasil pertandingan Amerika Serikat vs Jerman secara mengejutkan berakhir dengan skor 4-3. Dalam banjir gol yang terjadi di Robert F. Kennedy Memorial Stadium, Clint Dempsey menjadi kunci keberhasilan pasukan Juergen Klinsmann mencukur semifinalis Euro 2012 dengan dua golnya.

Pelatih Jerman, Joachim Loew, boleh dikatakan menurunkan tim ‘B’ dalam pertandingan kali ini. Kiper Marc Andre ter Stegen dipercaya menjadi penjaga gawang utama tim sementara Miroslav Klose dipasang sebagai penyerang tunggal; demi pencariannya menyetarai perolehan gol Gerd Muller. Dan yang terjadi, tim panser tersedot oleh istimewanya Amerika Serikat.

Jerman yang berseragam hijau harus menyaksikan gawang mereka terbobol di menit 13. Berawal dari umpan silang Graham Zusi yang memukau, Jozy Altidore melepaskan tembakan voli yang melesak manis ke jala semifinalis Euro 2012. Bek-bek tim tamu layak disalahkan oleh ‘gol mudah’ ini.

Amerika Serikat vs Jerman 3

Petaka bertambah bagi Jerman selang tiga menit. Sebuah back pass dari Benedikt Howedes gagal diamankan oleh ter Stegen. Entah apa yang dipikirkan sang kiper muda, bola terlewat begitu saja dan upayanya menyambar bola tersebut tak berbuah apa pun. Bunuh diri yang paling menyesakkan. 2-0 sebelum 20 menit.

Peringkat ketiga Piala Dunia 2010 benar-benar dibuat ‘kacau’ oleh Amerika Serikat. Mereka kesulitan untuk menguji Tim Howard berkat kekokohan empat bek tuan rumah yang tampil ekstra disiplin. Kehilangan kebanyakan pemain Bayern Munchen dan Dortmund, membuat mereka tidak banyak berkembang menghadapi pasukan Juergen Klinsmann.

Awal babak kedua, sempat ada harapan bagi Jerman. Dengan empat pergantian, pasukan Joachim Loew sempat memperkecil kekalahan via Heiko Westermann. Ia melepaskan tandukan menyambut umpan tendangan pojok Max Kruse.

Namun Clint Dempsey menjadi pembeda tepat pada waktunya. Kala Jerman seakan mulai mengimbangi tuan rumah, ia melesakkan dua gol untuk membuat jarak makin menjauh. Menit 60, Jozy Altidore dibiarkan leluasa di kotak penalti lawan sebelum mengirimkan umpan silang yang lagi-lagi tak dibaca dengan baik oleh bek Jerman. Ketika itulah Dempsey melepaskan tembakan ke sudut yang berlawanan dengan posisinya.

‘Pertandingan berakhir’ ketika Dempsey melepaskan tembakan sensasional dari luar kotak penalti. Melengkung ke sudut gawang, dan Marc Andre ter Stegen yang sedikit maju kembali terbobol di menit 64. Bagaimana pun, AS bisa mencetak empat gol ke gawang Jerman adalah sebuah prestasi luar biasa.

Bukan tim panser jika tak bisa bangkit dari keterpurukan. Dalam sekejap, kedudukan menjadi 4-3 ketika Max Kruse (’79) dan Julian Draxler (’81) bergantian menjebol gawang Tim Howard.

Namun, inilah kekuatan terakhir Jerman. Skor 4-3 tak berubah hingga laga usai. Joachim Loew harus kembali mengatur strategi sebelum melawan Paraguay pada 14 Juni 2013 mendatang.

Amerika Serikat vs Jerman 2

AMERIKA SERIKAT (4-4-1-1): Howard; Evans, Gonzalez, Besler, Beasley (Castillo ’56); Zusi (Eddie Johnson ’56), Jones, Bradley, F. Johnson (Brad Davis ’46); Dempsey; Altidore (Terrence Boyd ’81).

JERMAN (4-2-3-1): ter Stegen; Jansen (Dennis Aogo ’46), Howedes, Mertesacker (Philipp Wollscheid ’46), L. Bender (Heiko Westermann ’46); Reinartz, S. Bender (Max Kruse ’46); Schurrle (Sidney Sam ’67), Draxler, Podolski; Klose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda