Scroll to Top

Barcelona Era Tito Vilanova Kalahkan Era Pep Guardiola

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 03 Jun 2013

Barcelona Era Tito Vilanova Kalahkan Era Pep Guardiola

Barcelona di musim pertama bersama Tito Vilanova berhasil melewati pencapaian terbaik Barca selama era Pep Guardiola. Selain mendapatkan rekor 100 poin dan 115 gol, ada lima catatan sensasional lain yang digapai Barcelona pada musim 2012-2013.

Ya, jika yang terlihat adalah hasil akhir, apa yang didapatkan Barcelona musim ini sangat fenomenal. Pasukan Pep Guardiola pada musim 2009-10 menetapkan standard dengan mendapatkan 99 poin. Namun, catatan itu toh akhirnya dilewati pada musim ini. Dengan kemenangan 4-1 atas Malaga di ujung kompetisi, klub Catalan memperoleh 100 poin. Setara dengan Real Madrid musim lalu dan tercatat sebagai klub dengan perolehan poin terbanyak dalam semusim di La Liga.

Tidak hanya lebih banyak mendapat poin, Barca musim 2012-2013 juga lebih banyak mencetak gol. Ada 115 gol yang dibukukan di La Liga. Ini lebih baik dari catatan terbaik sebelumnya, yang dipegang Barca era Pep Guardiola pada musim 2011-2012 dengan 114 gol.

Barcelona juga mencatatkan jarak terlebar dari peringkat kedua; dalam sejarah klub. Musim ini pasukan Camp Nou berselisih 15 poin dari Real Madrid. Sebelumnya, rekor dimiliki oleh Barca era Louis Van Gaal pada musim 1998/1999; dengan jarak 13 poin dari Madrid dan Mallorca.

Barcelona masih mencatat rekor-rekor prestisius lain. Mereka senantiasa menjadi pemuncak klasemen dari awal hingga akhir. Menyetarai prestasi musim 1984/1985. Barca juga mencatat jumlah angka terbanyak di putaran pertama dengan 57 poin.

Lionel Messi cs. menggapai 32 kemenangan musim ini. Membuat mereka setara dengan Real Madrid musim lalu. Jangan lupa, rekor di kandang juga sempurna: 18 kemenangan dan satu kali seri. Satu-satunya tim yang bisa menahan imbang Barca adalah Real Madrid dengan hasil seri 2-2.

Mampukah klub Catalan, dengan kehadiran Neymar musim depan, mempertahankan catatan serupa? Waktu yang akan menjawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda