Scroll to Top

AMD Kembangkan Komputer Mini untuk Saingi Intel NUC

By Ditya / Published on Monday, 03 Jun 2013
Intel NUC dalam
Intel NUC

Advanced Micro Device atau AMD dikabarkan tengah mengembangkan komputer mini bersama para partnernya untuk menyaingi komputer mini Intel NUC (Next Unit Computing). Komputer mini yang sedang dikembangkan ini juga sekaligus menjadi jawaban dari AMD untuk mengakomodasi pasar komputer yang berukuran kecil.

“Kami bekerja sama dengan mitra untuk desain komputer 4 x 4 inci berbasis Kabini ,” kata Peter Amos, seorang manajer humas di AMD.

Meski AMD bersiap untuk mengembangkan pesaing Intel NUC, tetapi komputer mini besutan AMD ini menggunakan konsep yang agak berbeda dengan NUC besutan Intel. AMD merancang komputer yang berukuran kecil dengan konsumsi daya yang kecil, dan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Intel NUC.

Komputer mini besutan AMD ini nantinya akan menggunakan basis dari APU (Accelerated Processing Unit) Kabini yang hemat energi. Nantinya, komputer mini besutan AMD ini akan memiliki kinerja di bawah Intel NUC, tetapi telah mencukupi untuk komputasi sehari-hari dan mengusung fitur GPGPU (General Purpose Graphic Processing Unit).

APU Kabini sendiri baru saja diluncurkan oleh AMD yang mengusung prosesor dengan arsitektur Jaguar x86 dan dipadukan dengan pengolah grafis mumpuni dari Radeon HD yang berbasis teknologi GCN (Graphics Core Next). AMD mengklaim bahwa APU Kabini ini membawa peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan APU generasi Brazos.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (02/06/2013), sampai saat ini belum ada rincian spesifikasi komputer mini yang dikembangkan oleh AMD. Kabarnya, komputer mini ini akan diperkenalkan AMD di ajang Computex 2013 yang dilaksanakan di Taipei, Taiwan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda