Scroll to Top

Chicago-Sun Times, Suratkabar Ini Lebih Pilih iPhone Daripada Fotografer

By Ibnu Azis / Published on Monday, 03 Jun 2013

iPhone

31 Desember 2012 lalu majalah ternama Newsweek hentikan versi cetak dan beralih ke digital. Miliki kasus yang berbeda, Chicago Sun-Times, salah satu suratkabar kenamaan Amerika Serikat memecat seluruh fotografernya dan memilih beralih ke kamera iPhone.

Koran ini menyebutnya dengan mobile photography. Chicago Sun-Times memilih perangkat iPhone sebagai ‘alat jepret’ untuk abadikan gambar. Imbasnya, para karyawan akan diberikan pelatihan tentang keahlihan fotografi mobile.

Secara total ada sekitar 28 karyawan yang dipecat. Mereka adalah para staff fotografer. Selain memilih iPhone, Chicago Sun-Times akan memanfaatkan jasa para fotografer paruh waktu. Ditengarai suratkabar ini sedang alami masalah finansial yang rumit. Demikian tulis CNET News.

Chicago Sun-Times

Salah satu karyawan yang jadi korban kebijakan ini ungkapkan keprihatinannya. Ia miliki asumsi jika fotografi via iPhone miliki beberapa kelemahan. Menurut mantan karyawan tersebut, Alex Garcia, iPhone tak miliki teknologi untuk mengabadikan objek jarak jauh.

iPhone, sebutnya, miliki banyak situasi yang tak biasa. Device ini menurutnya juga tak miliki sejumlah kontrol manual. Alex Garcia tak hanya sekadar menggarisbawahi soal teknologi perangkat namun juga soal loyalitas fotografer freelance.

Sementara itu terkait mobile photography sendiri para reporter Chicago Sun-Times akan lalui sejumlah pelatihan wajib dasar-dasar fotografi iPhone. Kebijakan ini akan diterapkan ke seluruh karyawan editorial supaya dapat memenuhi kebutuhan konten koran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda