Scroll to Top

FB Bisa Buat Pengguna Kian Percaya Diri

By Ibnu Azis / Published on Monday, 03 Jun 2013

Facebook

Jika Anda kerap Facebookan, tetap lakukan itu. Menurut studi terbaru, hanya dengan beraktivitas selama 5 menit di FB, pengguna bisa jadi kian percaya diri. Apa inti dari penelitian tersebut?

Dikutip dari Daily Mail, studi yang dilakukan oleh Universitas Wisconsin dalam Madison Study menyatakan jika hanya memandang FB selama 5 menit bisa membuat pengguna pede.

Tak hanya sekadar percaya diri, pengguna bisa merasa nyaman. Facebook, ujar Catalina Toma, salah satu peneliti mengatakan, miliki banyak interaksi dibandingkan jejaring sosial lain. Tiap pengguna yang miliki banyak teman secara otomatis mereka akan miliki banyak ‘pendengar’.

Dalam pada itu pula sisi pencitraan pun akan terbentuk. Meski pencitraan ini hanya sekadar untuk diri sendiri. Studi ini gunakan objek penelitian sejumlah pengguna yang diminta melihat profil mereka sendiri-sendiri. Kemudian, mereka dites dalam uji asosiasi implisit.

“Merasa nyaman pada diri sendiri akan mengurangi motivasi tampil sempurna di lingkungan. Sebab, mereka telah merasa nyaman,” ujar Catalina.

Hasilnya pun positif. Banyak responden yang menyanjung diri mereka sendiri. Mereka merasa bahagia secara emosional. Namun Catalina Toma menggarisbawahi satu perihal penting.

Menurutnya situs jejaring sosial yang miliki konsep narsisme miliki resiko tinggi soal bullying. Facebook, katanya, salah satu situs yang miliki resiko tersebut. Sebab, FB menfasilitasi sifat ‘pamer diri’ itu di beberapa fiturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda