Scroll to Top

Timnas Indonesia: Jacksen F. Tiago Sudah Paham Gaya Belanda

By Aditya / Published on Tuesday, 04 Jun 2013

jacksen f tiago timnas

Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F. Tiago, mengaku sudah sedikit memahami gaya permainan Belanda. Pelatih Persipura asal Brasil ini tampaknya serius mempelajari kekuatan de Oranje melalui berbagai cara agar Timnas Indonesia mampu meladeni aksi para bintang Belanda. Timnas Indonesia akan bertemu dengan Belanda pada 7 Juni 2013 mendatang di Jakarta.

Menurut Jacksen F. Tiago, tidak terlalu sukar untuk memperoleh keterangan tentang kekuatan tim asuhan Louis van Gaal itu. Salah satu caranya adalah dengan menyaksikan rekaman video pertandingan tim nasional Belanda.

“Sangat mudah untuk mendapatkan informasi mengenai Belanda. Saya sudah menonton beberapa laga mereka, seperti menghadapi Rumania, Italia, Jerman,” ungkap Jacksen F. Tiago di Jakarta belum lama ini.

Jacksen F. Tiago berusaha mempelajari sedetail mungkin mengenai gaya permainan yang biasa diterapkan oleh Robin van Persie dan kawan-kawan. Meskipun kekuatan Timnas Indonesia jelas jauh di bawah Belanda, namun Jacksen F. Tiago tetap mencari celah untuk bisa mengimbangi tim Oranje, bahkan kalau bisa mengalahkan mereka.

“Paling tidak konsep bermainnya seperti apa, pergantian yang dilakukan pada menit berapa. Itu saya pelajari,” kata Jacksen F. Tiago.

Selain itu, Jacksen F. Tiago juga secepatnya ingin berdiskusi dengan dua pemain naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia, yakni Sergio van Dijk dan Raphael Maitimo. Kedua pemain kelahiran Belanda itu tentunya sedikit banyak mengetahui tentang gaya sepakbola di negeri kincir angin, terutama para pemain mudanya.

“Sebelum pertandingan, saya akan memanggil Raphael Maitimo dan Sergio van Dijk. Saya akan diskusikan dengan mereka. Paling tidak supaya ada sedikit gambaran mengenai pemain muda Belanda,” tuntas Jacksen F. Tiago.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda