Scroll to Top

Rhoma Irama Maafkan Pengubah Lirik Lagunya, Tapi…

By Aditya / Published on Tuesday, 04 Jun 2013

Rhoma Irama

Sosok Rhoma Irama memang sangat populer bagi masyarakat pecinta dangdut di Indonesia. Banyak sekali orang yang menjiplak gaya sang raja dangdut ini. Yang terbaru, ada seorang yang meniru penampilan dan bahkan mengubah lirik lagu Rhoma Irama. Mengenai hal ini, Rhoma Irama mengaku sudah memaafkan orang yang dimaksud, namun ada tapinya. Apa itu?

Orang yang mengubah lirik lagu milik Rhoma Irama itu bernama asli Mawardi Rhomana. Namun, ia lebih dikenal dengan nama Rhompal alias Rhoma Palsu. Nah, si Rhompal ini mengubah lirik lagu Rhoma Irama dan menyebarkannya ke publik dengan mengusung kepentingan politik.

Secara pribadi, Rhoma Irama telah memaafkan si pengubah lirik lagunya tanpa izin itu. Namun, ayah dari Ridho Rhoma ini menyatakan tetap ada yang harus diluruskan karena perbuatan Rhompal tersebut sudah termasuk pelanggaran hak cipta.

“Saya dengar ada hal-hal yang melanggar undang-undang seperti mengubah lirik tanpa izin. Ini barangkali yang harus kita luruskan,” ujar Rhoma Irama di Jakarta, kemarin.

Rhoma Irama memang tidak akan menuntut atau memperkarakan secara pribadi persoalan ini. Pemimpin grup Soneta yang disebut-sebut bakal maju sebagai calon presiden RI ini menyerahkan urusan hukum masalah ini kepada Asosiasi Hak Cipta.

“Nah, ini kembali lagi kita harus melihat Asosiasi Hak Cipta. Di sana ada bidang hukumnya. Biar mereka bergerak melindungi hak cipta ini. Tapi secara pribadi saya sangat memaafkannya. Ini kan bukan delik aduan, ini delik biasa yang ada pasang surutnya,” kata Rhoma Irama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda