Scroll to Top

iPhone dan iPad Lawas Terancam Dicekal Akibat Perang Paten dengan Samsung

By Ditya / Published on Wednesday, 05 Jun 2013

Apple vs Samsung

Perang paten antara Apple dan Samsung kembali berlanjut dan beberapa produk Apple yakni iPhone dan iPad lawas dinyatakan melanggar paten Samsung oleh seorang hakim dari International Trade Commission (ITC). Akibat hal tersebut, iPhone dan iPad seri lawas terancam dicekal atau dilarang beredar.

Berdasarkan keputusan akhir yang dikeluarkan oleh ITC menyatakan bahwa Apple telah melanggar paten Samsung terkait teknologi seluler yang digunakan pada iPhone 3GS dan iPhone 4, serta varian 3G dari tablet iPad generasi pertama dan kedua. Produk Apple yang disebutkan tadi terancam dicekal atau dilarang beredar.

Pihak ITC sendiri telah mengeluarkan perintah terbatas untuk melarang peredaran produk iPhone dan iPad seri lawas tersebut dari kancah penjualan di Amerika Serikat. Meski keputusan ITC ini bersifat final, Apple masih dapat mengajukan banding ke Federal Circuit atau izin penangguhan hukuman dari Gedung Putih yang memiliki kekuatan untuk menyetujui atau menolak keputusan.

“Kami percaya ITC Final Determination telah mengkonfirmasi sejarah Apple free-riding pada inovasi teknologi Samsung. Dekade kami penelitian dan pengembangan dalam teknologi mobile akan terus berlanjut, dan kami akan terus menawarkan produk-produk inovatif kepada konsumen di Amerika Serikat,” pernyataan Samsung.

Samsung menyatakan bahwa pihaknya cukup puas terhadap keputusan yang diambiloleh ITC. Namun, Apple sebagai pihak yang kalah menyatakan kekecewaanya dan mengatakan akan mengajukan banding mengenai masalah perang paten yang kian berlarut-larut ini.

“Kami kecewa bahwa komisi telah membatalkan putusan sebelumnya dan kami berencana untuk mengajukan banding. Keputusan hari ini tidak berdampak pada ketersediaan produk Apple di Amerika Serikat,” kata juru bicara Apple, seperti yang dilansir dari CNET (04/06/2014).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda