Scroll to Top

AMD APU Richland untuk Desktop Diluncurkan

By Ditya / Published on Wednesday, 05 Jun 2013

AMD APU

AMD secara resmi telah meluncurkan APU (Accelerated Processing Unit) Richland untuk komputer desktop sebagai generasi penerus APU Trinity yang dinilai cukup sukses menarik perhatian pasar. Kehadiran APU Richland ini dianggap sebagai sebuah stop-gap untuk kehadiran senjata AMD yeng sebenarnya, yakni APU Kaveri.

Advanced Micro Device atau AMD mengklaim bahwa APU Richland ini menawarkan peningkatan kinerja antara 5% hingga 15% jika dibandingkan dengan APU Trinity yang merupakan generasi sebelumnya. Richland datang dengan dukungan grafis canggih dari AMD Radeon HD seri 8000 dan dukungan penggunaan memori DDR3 2133MHz.

A10-6800K adalah APU generasi Richland varian tertinggi yang akan menggantikan posisi A10-5800K Trinity. AMD A10-6800K dibekali dengan prosesor quad-core Piledriver dengan kecepatan 4,1GHz dengan TurboCore 4,4GHz. AMD APU A10-6800K ini ditandemkan dengan grafis Radeon HD 8670D dengan kecepatan 844MHz.

APU A10-6800K ini merupakan varian tertinggi dengan imbuhan ‘K’ yang menunjukkan bahwa prosesor tersebut adalah unlock multiplier yang memudahkan overclocker untuk meningkatkan performa prosesor dengan cara melakukan overclock.

AMD APU Richland Desktop
Varian & Harga APU Richland Desktop

Seri berikutnya adalah AMD APU A10-6700 yang mengusung spesifikasi yang mirip dengan APU A10-6800K, yakni mengusung prosesor quad-core Piledriver dengan kecepatan yang lebih rendah, yakni 3,7GHz dengan TurboCore 4,3GHz. APU A10-6700 ini juga ditandemkan dengan grafis Radeon HD 8670D. Varian dan spesifikasi  lengkap dapat dilihat pada gambar di atas.

Seluruh varian AMD APU Richland ini membidik pasar kelas menengah dan kelas entry-level. Hal ini terlihat dari harga yang ditawarkan APU terbaru ini yang berada di kisaran US $69 hingga $142 saja.

Harus diakui jika kinerja prosesor AMD masih tertinggal jika dibandingkan dengan prosesor Intel Haswell. Meski demikian, AMD terus mengejar ketertinggalannya dan menawarkan pengolah grafis yang lebih powerfull dari yang ditawarkan oleh Intel.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (04/06/2013), AMD akan mulai memasarkan APU Richland mulai pertengahan bulan Juni 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda