Scroll to Top

Pipe: Kirim Berkas Hingga 1GB ke Sesama Pengguna Facebook

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 05 Jun 2013

Facebook iPad

Facebook Message memungkinkan pengguna berkirim berkas via inbox FB dengan kapasitas terbatas. Pipe, layanan yang bakal segera dirilis ini izinkan pengguna berbagi file hingga kapasitas 1GB.

Lantas, apakah Pipe miliki hubungan dengan Facebook? Jawabannya tidak. Pipe bukan sebuah produk Facebook. Hanya saja Pipe gunakan fitur Facebook Message sebagai media berbagi berkas.

Pipe menklaim sangat mudah digunakan. Pengguna tinggal drop dan drag berkas yang bakal dibagikan. Dalam pada itu, berkas yang ‘lalu-lalang’ di Pipe tidak lalui server Facebook.

Ini berarti pengguna tak perlu risau soal masalah privasi. Pipe gunakan teknologi peer-to-peer. Ketika pengguna terima file saat sedang offline maka berkas akan dikunci di locker hingga ia online kembali.

CEO Simon Hossell berujar jika layanannya sangat mudah digunakan. Tinggal pilih pengguna, ‘seret’ berkas, dan bagikan. Sejurus kemudian mereka akan terima berkas yang dikirimkan.

Yang membuat rasa penasaran layanan ini adalah kemampuannya berkirim berkas hingga 1GB. Bahkan ketika berkas belum sepenuhnya terkirim akibat si penerima offline, maka sisanya akan dilanjutkan saat pengguna online kembali.

Pipe bakal dirilis hari ini, Rabu (05/07/13) waktu Amerika Serikat. Nantinya aplikasi ini bisa diunduh gratis di  Facebook App Center. Patutu diperhatikan jika pengirim dan penerima berkas wajib menginstal aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda