Scroll to Top

Piala Konfederasi 2013: Spanyol Tidak Punya Penyerang Tangguh

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 06 Jun 2013

Piala Konfederasi 2013: Spanyol Tidak Punya Penyerang Tangguh

Pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, menjelang Piala Konfederasi 2013, mengakui bahwa timnya tidak memiliki penyerang yang benar-benar tangguh. Atas dasar itulah ia tetap memainkan skema La Furia Roja yang mengantar mereka menjuarai Euro 2012: tampil dengan satu penyerang, entah itu nomor sembilan palsu (gelandang yang didorong ke depan) atau benar-benar penyerang murni.

“Kami akan bermain dengan seorang striker. Bahkan meski ia nomor sembilan palsu. Dalam aturan, semua tim harus memainkan Nomor 9 (penyerang utama), tapi kami tidak menemukan sosok yang benar-benar bisa melakukannya. Kami membutuhkan penyerang yang aktif ambil bagian sepanjang pertandingan,” cetus mantan pelatih Real Madrid.

Del Bosque juga berkomentar seputar tiga lawan yang akan dihadapi Spanyol di Grup B Piala Konfederasi 2013 mendatang. Baginya, Uruguay “memiliki dua penyerang top dunia, Edinson Cavani dan Luis Suarez. Mereka adalah tim yang penuh kerja keras dan tangguh, bukan tipe tim yang mudah kehilangan semangat bermain. Meskipun mereka bermasalah di Kualifikasi Piala Dunia, Uruguay meraih peringkat empat di Piala Dunia dan itu baru berlangsung beberapa saat lalu (Piala Dunia 2010).”

Nigeria merupakan tim yang sangat berani dan tak takut kehilangan apa pun dalam setiap laga. Bagi Del Bosque “akan lebih baik jika kami sudah mendapatkan posisi menguntungkan sebelum bertemu mereka (Nigeria adalah lawan terakhir Spanyol).”

La Furia Roja juga akan bertemu Tahiti. Meskipun mereka adalah lawan empuk, bagi Del Bosque, “Anda tidak berhak meremehkan siapa pun. Selama ini mereka terbiasa berlaga di lapangan yang jauh lebih buruk sehingga mungkin saja kala tampil di Piala Konfederasi, mereka menciptakan sesuatu.”

Del Bosque juga berkomentar seputar Iker Casillas. Meskipun menjadi cadangan di Real Madrid, Casillas akan menjadi pilihan penting bagi sang pelatih. Menurut Del Bosque, “dia akan tetap berlatih seperti biasa meski mengetahui cuma menjadi pemain cadangan. Ada banyak pemain yang datang ke Piala Konfederasi 2013 dengan lelah, tapi dia masih sangat segar.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda