Scroll to Top

Serie Nostalgia: Andrii Shevchenko, Top Skorer Liga Italia di Musim Pertamanya, 1999/2000

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 11 Sep 2011

Vini, Vidi, Vici. Itulah gambaran Andrii Shevchenko saat berlaga di Serie-A. Ia tidak membutuhkan waktu unuk menjadi top skorer liga. Di musim pertamanya, pemain Ukraina ini sukses menorehkan 24 gol; tertinggi di antara striker-striker tertajam dunia yang merumput di Italia.

Shevchenko sendiri tiba di San Siro sesuai keinginan Silvio Berlusconi untuk menambah daya gedor AC Milan. Maklum, musim 1999/2000, AC Milan berpredikat sebagai juara bertahan. Berlusconi tidak mau gelar Serie-A melayang. Apalagi banyak yang berpendapat, musim sebelumnya, Milan juara berkat keberuntungan dan nasib sial Lazio.

Diboyong dengan banderol 25 juta dolar dari Dynamo Kyiv, Sheva langsung menjadi pujaan Milanisti. Memang pada musim tersebut Milan gagal menjadi juara (duduk di peringkat ketiga dan kalah bersaing dari Lazio-Juventus). Namun, sejak musim yang sama Shevchenko menjadi salah satu penyerang paling mengerikan yang beredar di Serie-A.

24 golnya di musim 1999/2000 tidak hanya membuat Sheva menjadi top skorer. Tetapi juga membuat kapten timnas Ukraina ini menyamai rekor Michel Platini, John Charles, Gunnar Nordahl, Istvan Nyers, dan Férénc Hirzer sebagai pemain asing yang langsung menjadi top skorer di musim pertama di Serie-A.

Dari segi persaingan, Shevchenko musim itu sempat digadang-gadang akan berebut ketat dengan Christian Vieri, bomber raksasa Internazionale yang memecahkan rekor transfer saat diboyong dari Lazio pada musim yang sama. Namun, Vieri tak bersinar seperti halnya Internazionale yang lebih banyak bermasalah sepanjang musim. Justru pesaing utama Sheva adalah (seperti biasa) Gabriel Batistuta sang pencetak gol reguler Fiorentina yang mengoleksi 23 gol dan Hernan Crespo (22 gol) yang saat itu memperkuat Parma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda