Scroll to Top

9 Penyebab Rambut Rontok

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 06 Jun 2013

rambut rontok

Tidak nyaman bila setiap hari mengalami kerontokan rambut yang banyak jumlahnya. Pada wanita, kerontokan ini bisa terjadi karena banyak alasan. Ditemukan setidaknya 9 penyebab rambut rontok pada wanita:

  1. Terjadi ketidakseimbangan siklus pertumbuhan rambut. Wajarnya, rambut bertampang panjang setengah inchi per bulan dan berlangsung selama 2-6 tahun. Dalam masa tersebut terjadi pula masa istirahat dan terbentuknya folikel rambut baru. Kadangkala, ada masalah dalam siklusnya yang membuatnya rentan untuk rontok.
  2. Menjalani kehamilan dan persalinan. Pada dua masa ini, wanita mungkin mengalami kerontokan rambut selama kurang lebih tiga bulan. Namun, kondisi tersebut akan normal kembali.
  3. Gangguan hormon.  Tiroid yang tidak aktif maupun terlalu aktif sama-sama berisiko menimbulkan rambut rontok. Hal yang sama juga terjadi kalau ada masalah pada hormon androgen dan estrogen.
  4. Infeksi. Infeksi jamur di kulit kepala turut memiliki andil dalam memicu kerontokan rambut. Anda mesti mengatasi jamur ini jika ingin rambut kembali sehat.
  5.  Efek samping obat-obatan. Beberapa obat yang bisa menyebabkan kerontokan rambut adalah obat asam urat, obat kemoterapi, vitamin A, dan obat pengencer darah.
  6. Gizi tidak seimbang. Banyak orang mengira, diet adalah menghentikan aktivitas makan. Padahal, mengatur asupan gizi yang seimbang itu tetap perlu untuk menjadi tubuh sehat. Kekurangan gizi juga bisa mempengaruhi kerontokan.
  7. Penyakit autoimun. Pada wanita yang mengalami penyakit lupus dan diabetes bisa mengalami kerontokan rambut.
  8. Menopause. Kerontokan rambut menjadi salah satu gejala dari hadirnya menopause.
  9. Stres. Tekanan pikiran dan efek traumatis memicu jatuhnya rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda